Dua Siswa SMPN 16 Menangkan Olimpiade Fisika

0
795
ILUSTRASI rumus-rumus fisika. (foto: net)

HARIANHALMAHERA.COM— Dua siswa SMP Negeri 16 Halut berhasil memenangkan olimpiade fisika tingkat SMP se-Kabupaten Halut. Militya Miracle Sambali dan Anatasya Bitjara menduduki juara satu dan dua.

Olimpiade fisika ini digelar Program studi Fisika, Fakultas Ilmu Alam dan Teknologi Rekayasa (Fiater), Universitas Halmahera (Uniera). Dikuti 30 SMP dan MTs dengan jumlah peserta sebanyak 77 orang.

“Untuk juara ketiga didapat Meis Gula dari SMP Binakarya,” kata Ketua Panitia Olimpiade Fisika I Putu Tedy Indrayana.

Pada kategori Debets Theori, Militya Miracle Sambali dari SMP Negeri 16 juga berhasil menyisihkan peserta lainnya. Sedangkan untuk kategori Debest Esperiment diraih Priahe Crisfania Leadu siswa SMP Hohidiahi.

“Olimpiade Fisika adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan ilmu pada siswa di Halut, sehingga bisa bersaing pada level lebih tinggi lagi,” ujar I Putu, sembari menambahkan selain olimpiade fisika, ada juga lomba cerdas cermat dan karya cipta teknologi.

Sementara itu, Dekan Ilmu Alam dan teknologi Rekayasa (Fiater) Ontje FW Tutupary mengatakan, kegiatan olimpiade ini menjadi agenda tahunan untuk mengembangkan potensi di bidang fisika dan sains matematika.

“Olimpiade sudah menjadi agenda rutin detiap tahun,” ujarnya.

Terpisah, juara umum olimpiade fisika Militya Miracle Sambali mengaku baru pertama kali mengikuti olimpiade dan bisa meraih juara.

Dengan hasil yang diperolehnya itu kata dia, menjadi memotivasinya untuk bisa lebih baik kedepannya.

“Saya tak sangka, baru pertama kali ikut dan bisa menang pada olimpiade,” ujarnya.(fik/cal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here