Gelar Pasukan, Amankan Idul Fitri Wilayah Halut

0
99
Amanat Kapolri yang dibacakan Asisten III Setda Halut pada apel gelar pasukan di halaman Polres Halut

HARIANHALMAHERA.COM– Apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat untuk persiapan pengamanan perayaan lebaran idul fitri 2022, jumat (22/4) digelar serentak Polri dan jajarannya. Di Kabupaten Halut sendiri, pihak Polres setempat telah melaksanakan apel pengamanan lebaran bersandi “Ketupat 2022” tersebut di halaman Mapolres Halut.

Dalam apel tersebut, selain Kapolres Halut, AKBP. Tri Okta Hendri Yanto, turut dihadiri mewakili Bupati Halut adalah asisten III Setda,Yudhihard Noya, mewakili Dandim 1508/Tobelo, Kapten. Muh Ali, Danki Yon A Pelopor Sat Brimobda Malut, AKP. Marhus Munir serta Dan Sub Denpom XVI-/1 Tobelo Letda Cpm. Habibie Phonon.

Sementara itu dalam amanat Kapolri yang dibacakan Inspektur upacara (Irup), Asisten III Setda Halut, Yudhihard Noya mengatakan bahwa Polri dengan dukungan dari TNI, Pemda dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan operasi “Ketupat-2022” ini akan berlangsung selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 sampai 9 Mei 2022.

Peserta apel gelar pasukan yang terdiri dari Polres Halut, Brimob, Kodim, Danpos POM dan Dishub Halut

“Dimana fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara. Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personel Polri, 13.287 personel TNI, serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya. Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.710 Pos Pengamanan dan 734 Pos Pelayanan serta 258 Pos Terpadu,”katanya.

Perayaan idul fitri tahun ini menurutnya, berbeda dengan Idul fitri tahun lalu, karena kali ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga.

“Artinya kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik. Namun, kita harus menyiapkan masyarakat agar aman dari penularan Covid-19 dengan terus menggelar kegiatan vaksinasi,”ujarnya.

Terpisah, Dandim 1508/Tobelo, Letkol Inf. I Putu Witharsana Eka Putra, menambahkan bahwa bahwa pihaknya (TNI) akan selalu mendukung kegiatan Polri dalam pelaksanaan pengamanan hari raya Idul Fitri 1443 H/2022.

“Dukungan ini merupakan wujud sinergi TNI-Polri dalam mewujudkan situasi yang kondusif jelang, pada saat dan sesudah perayaan hari Raya Idul Fitri 1443 H di wilayah Kabupaten Halmahera Utara maupun Kabupaten Pulau Morotai yang merupakan wilayah kerja Kodim 1508/Tobelo,”tuturnya.(dit/wyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here