Hampir 30 Ribu Warga Halut Pindah

0
318
Hernefer Tjandua (Foto : Indotimur)

HARIANHALMAHERA.COM–Sepanjang 2020 hingga Januari 2021, sebanyak 22.902 warga Halut sudah mengurus surat pindah ke daerah lain. Demikian catatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Halut. Berbagai alasan di balik kepindahan. Paling banyak alasan mencari pekerjaan.

“Banyak yang pindah ini karena mungkin pilihan masyarakat soal tuntutan hidup,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Halut Hernefer Tjandua.

Dia menyebut, kepindahan masyarakat Halut ke daerah lain tidak berpengaruh dengan data kependudukan. Karena ada juga masyarakat yang pindah masuk ke Halut. “Ada sebanyak 12.692 orang yang masuk pindah ke Halut dari 2020 hingga awal Januari,” terangnya.

Dijelaskan, setiap harinya Disdukcapil mencetak Kartu Keluarga sebanyak 140 lembar. Ada yang melakukan perubahan status, keluar dari KK, dan ada juga penambahan keluarga. “Dengan banyaknya masyarakat yang mengurus dokumen, sehingga harus menunggu berjam-jam karena antrian yang begitu padat,” ujarnya.

Disinggung program perekaman, Hernefer menyebut program untuk melakukan perekaman di setiap Kecamatan tetap berjalan, meski saat ini belum dilaksakan mengingat masih menunggu anggaran dan tinta serta blangko e-KTP. Termasuk, pandemi cobid-19 saat ini. “Jika ini sudah tersedia, dan kondisi mulai stabil, maka kami akan bergerak melakukan perekaman keliling,” tandasnya.(cw/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here