Kodim Tobelo Bantu Warga Desa Togoliua dan Kusuri Terdampak Banjir

0
944
PEDULI: Jajaran Kodim 1508/Tobelo menyalurkan bantuan logistik bagi warga tredampak banjir di Desa Togoliua dan Desa Kusuri. (foto: Kodim 1508/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM— Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Halut pada Senin (2/3), menyebabkan beberapa desa terdampak banjir. Di antaranya Desa Togoliua dan Kusuri. Banyak warga yang terpaksa mengungsi karena air menggenangi rumah mereka.

Sikap cepat tanggap pun dilakukan jajaran Kodim 1508/Tobelo yang dipimpin Letkol Inf Raymond Sitanggang. Dia dan jajarannya langsung mengumpulkan logistik untuk segera disalurkan kepada warga terdampak banjir.

Dalam keterangan tertulis yang diterima harianhalmahera.com, hari ini jajaran Kodim Tobelo sudah menyalurkan bantuan logistik untuk warga yang terdampak bencana banjir.

“Bantuan logistik berasal dari personel Kodim 1508/Tbl dan keluarga besar, serta masyarakat sekitar Kota Tobelo yang tergerak untuk membantu meringankan beban para pengungsi,” kata Komandan Kodim 1508/Tbl Letkol Inf Raymond Sitanggang.

Disebutkan, logistik yang didistribusikan kepada warga berupa 20 karung beras, mi instan 22 dus, telur 20 rak, gula pasir 20 kg, teh celup 20 kardus, air mineral 15 dus, serta pakaian layak pakai sekira 300 lembar untuk anak-anak dan dewasa.

Raymond menyebutkan, dari informasi yang dia terima dari warga, ternyata banjir kali ini adalah yang terparah dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. Artinya bahwa  kemungkinan ancaman ke depan adalah debit air yang semakin tinggi.

“Tanda alam mengingatkan kita untuk berbuat, sehingga perlu langkah komprehensif untuk mencegah kejadian serupa,” pintanya.

Menurutnya, air sebagai sumber kehidupan, namun bisa juga sebagai penyebab kerusakan bila tidak bisa dikendalikan. Sebelum menghadapi situasi yang lebih buruk, Raymond mengingatkan pentingnya bagi semua pihak untuk menjaga kelestarian resapan dan aliran dari hulu sampai ke hilir.

“Kami juga turut prihatin terhadap bencana yang menimpa warga. Sedikit yang bisa kami berikan, namun kami bangga bisa bermakna bagi masyarakat,” pungkasnya.(dit/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here