KPU Halut Berduka, Satu Anggota PPK Meninggal Saat Bertugas

0
69
Seleksi PPS oleh KPU Halut pada hari pertama

HARIANHALMAHERA.COM– Komisioner KPU Halut dan jajaran penyelenggara pemilu kembali diselimuti rasa duka, menyusul peristiwa anggota penyelenggara pemilu meninggal dunia saat melaksanaan tahapan pemilu 2019 di Kabupaten Halmahera Utara dikabarkan terulang pada pemilu serentak 2024.

Informasi yang diterima dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halut bahwa salah satu anggota Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) Loloda Utara (Lolut) bernama Yones Pumadada, disebutkan bahwa telah meninggal saat melaksanakan tugas seleksi tertulis terhadap Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Lolut pada hari terakhir tes, kamis (12/1).

Belum diketahui secara pasti sebab-musabab meninggalnya anggota PPK Lolut tersebut, namun berdasarkan keterangan dari sejumlah rekan-rekannya bahwa almarhum sekira pukul 14.20 WIT bersama salah satu anggota Panwascam Lolut hendak menuju Desa Apulea Kecamatan Lolut untuk kunjungi salah satu calon anggota PPS yang tidak hadir saat pelaksanaan seleksi tulis yang dilaksanakan di SMP Negeri 8 Halut Desa Darume.

Setibanya di Desa tersebut, almarhum dan rekannya mengajak peserta calon PPS untuk ikut tes tertulis. Setelah selesai tes, almarhum dan rekannya pun musnakan soal tes kemudian hendak pulang, dimana almarhum saat hendak naik sepeda motor bersama rekannya tiba-tiba jatuh dan pisang tak sadarkan diri yang ternyata sudah meninggal dunia.

Terpisah Ketua KPU Halut, M. Rizal, saat dikonfirmasi pun membenarkan adanya peristiwa anggota PPK Lolut yang meninggal. Namun, lanjut Rizal, pihaknya juga belum mengetahui sebab-musabab pahlawan pemilu tersebut meninggal.

“Tentunya kami KPU Halut merasa kehilangan salah satu sosok penyelenggara yang setia bekerja untuk mensukseskan Pemilu di Tahun 2024 mendatang. Saya mewakili KPU Halut sampaikan bela sungkawa atas meninggalnya anggota PPK kami dalam menjalankan tugas,”ujarnya.

Rencananya menurut ketua KPU Halut, almarhum akan dimakamkan pada jumat (13/1) sore dan dipastikan KPU Halut dan jajaran PPK Lolut akan turut hadir termasuk Bawaslu Provinsi Malut dan Ketua Bawaslu Halut.

“Dalam pemakaman nanti anggota Bawaslu juga turut menghadiri, semoga alhamarhum mendapatkan tempat yang baik di sisi Tuhan Yang Maha Esa,”tuturnya.(sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here