KPU Halut Rakor DPB Triwulan I Tahun 2022

0
133
Foto Bersama KPUD Halut dan peserta Rakor DBD Triwulan I (Foto : Faisal/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Selain Bawaslu Halut yang bersiap hadapi Pemilu Serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Utara juga mulai menyiapkan diri untuk melaksanakan rangkaian tahapan awal menuju pemilu tersebut dengan menggelar rapat koordinasi bersama DPRD dan instansi teknis Pemkab Halut.

Kegiatan rakor yang dilaksanakan, rabu (30/3) di lantai II Galaxy Mart Tobelo itu menyampaikan hasil pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan I tahun 2022, yang dihadiri staf ahli Bupati bidang pemerintahan hukum dan politik Jimi Duan, Ketua Komisi I DPRD Halut Irfan Soekoenay, Kaban Kesbangpol Halut, F N Sahetapy, Kadis Dukcapil Halut, Harnefer Djandua, Kabag Ops Polres Halut, Kompol. Ranto Eko Mardianto, Pasi Intel Kodim 1508/Tobelo, Kapten Inf, Inri Kuswanto, Lapas Tobelo, Komisioner Bawaslu Halut, Ahmad Idris dan sejumlah pengurus partai politik (Parpol)

Ketua KPU Halut, Muhammad Rizal, dalam sambutannya menyampaikan bahwa rakor tersebut merupakan persiapan awal penyelenggara untuk menuju pemilu 2024 mendatang. “KPU terus bekerja untuk persiapan Pemilu Serentak, mulai dari sosialisasi data pemilu sampai hal-hal lain terkait kepemiluan 2024,”katanya.

KPU Halut menurutnya, juga berinisiatif membuka layanan baik secara manual maupun online bagi masyarakat yang secara sukarela ingin menyampaikan data sesuai kategori dimaksud. “Pada posisi ini, peran aktif partai politik, lembaga akademik serta lembaga pemerhati pemilu dan pemilihan juga penting. Sebab dalam hal perbaikan daftar pemilih juga menjadi tanggungjawab bersama, bukan hanya dibebankan kepada KPU,”ujarnya.

Soal verifikasi data berdasarkan prinsip komprehensif, akurat dan mutakhir lanjut Ketua KPU Halut, tentu dibutuhkan dukungan dari instansi terkait. “Kami berharap, kordinasi yang laksanakan hari ini bisa memperkuat kerja-kerja KPU sehingga data pemilih tidak lagi menjadi masalah pada kontestasi politik di 2024 nanti,”tuturnya.(pn/cw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here