Perangi Covid-19 Masih Berlangsung

Muhammadiyah, MPKU, Kemenkes dan USAID Terus Genjot Vaksinasi

0
32
Vaksinasi Masal Covid-19 Muhammadiyah Untuk Semua Di Desa Supu (Foto Faisal/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Pencegahan penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) terus dilakukan Pemerintah, dimana program vakinasi Covid-19 terhadap masyarakat sebagai upaya memutuskan rantai virus masih gencar diberikan. Seperti yang dilakukan mitra Pemerintah, yakni Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Halmahera Utara (Halut) yang bekerja sama dengan United States Agency for International Development (USAID) dan Majelis pimbina kesehatan umat (MPKU) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Pemuda Muhammadiyah Halut bersama USAID dan MPKU telah melakukan program vaksinasi covid ke pelosok Desa yang tersebar di wilayah Halut, dimana pada selasa (22/11), pihaknya telah gelar suntik vaksin terhadap masyarakat di Desa Supu, Kecamatan Loloda Timur (Lodtim) yang merupakan langkah memperepat penurunan angka dan pencegahan covid.

Ketua PDPM Halut, Jumar Mafoloi mengatakan kegiatan vaksinasi tersebut sebelumnya digelar di Lapas Kelas IIB Tobelo dan akan terus berkelanjutan sebagai bentuk mendukung program pemerintah untuk menekan angka covid-19 terutama di wilayah Halut. “Vaksinasi tahap pertama kami targetkan sebanyak 5000 orang divaksinasi, dan itu sudah tercapai karena di beberapa tempat kami melakukan vaksinasi,”katanya.

Wakil Sekretaris MPKU PP Muhammadiyah sekaligus Program Manager MENTARI TB For Covid-19 Dr. dr. Ekorini Listiowati, menuturkan bahwa MPKU PP Muhammadiyah bekerja sama dengan Kemenkes yang di dukung oleh USAID telah menjalankan program yang bertajuk Muhammadiyah untuk semua dan program ini sudah dijalankan di 90 Kabupaten/Kota pada 25 provinsi yang ada di Indonesia.

“Kami akan terus bergerak di 10 Kabupaten/Kota lainnya, karena targetnya di 100 Kabupaten/Kota di 25 Provinsi yang ada di Indonesia, kegiatan ini kami akan melibatkan angkatan muda Muhammadiyah,”tuturnya.

Sementara Deputy Mission Director USAID Indonesia Mohib Ahmed menyampaikan pihaknya mengapresiasi masyarakat Halut khsusnya Desa Supu yang punya antusias dalam mengikuti Vaksinasi yang di lakukan oleh MPKU Muhammadiyah, ini adalah salah satu mitra yang baik bisa bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran masyarakat Supu ini, karena tanda dukungan masyarakat kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik, memiliki bangsa yang sehat, makmur itu menunjukan bahwa bangsa Indonesia yang kuat,”ucapnya.

Menurutnya, bermitra dengan Muhammadiyah dan Pemerintah Indonesia dalam melakukan vaksinasi masal sampai ke daerah-daerah terpencil telah berjalan lancar. “Kita akan terus melakukan Vaksinasi hingga ke pelosok Desa, karena ini menjadi tanggung jawab pemerintah, maka kami hadir di sini untuk memerangi virus Covid-19,”ujarnya.

Mewakili Bupati Halut, Kasatpol PP Muhammad Kacoa, mengatakan Pemda ikut mendukung hal-hal baik seperti ini, apalagi saat ini Covid-19 di Indonesia masih ada maka Pemerintah bertugas untuk memerangi. “Kami sangat berterima kasih kepada MPKU Muhammadiyah yang sudah datang jauh-jauh untuk melakukan Vaksinasi masal, kami sebagai Pemerintah Daerah akan mendukung program yang pro terhadap masyarakat,”tandasnya.(sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here