Petambak Ikan di Danau Galela Kewalahan

0
783
Kondisi Danau Galela tampak dipenuhi tumbuhan eceng gondok. (Foto : Muhrid Kanopa)

HARIANHALMAHERA.COM–Kondisi Danau Galela seakan tak terurus. Danau dengan luas sekitar 407 hektare di Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara ini, dipenuhi eceng gondok.

Sumampo, petambak ikan air tawar di Danau Galela, mengaku kewalahan dengan kehadiran eceng gondong ini. “Setiap hari terus meluas dan hampir menutupi danau ini,” ujar pria berdarah Sangir, Sulawesi Utara itu, Minggu (12/4).

Menurut dia, kehadiran eceng gondok cukup mempengaruhi populasi ikan. Sebab kualitas air menjadi keruh. “Dulu kami pelihara ikan jenis mujair banyak sekali, tapi sekarang sudah mulai berkurang,” tuturnya.

Sumampo berharap, jika kasus Virus Korona (Covid-19) ini berakhir, pemrintah harus segera serius memperhatikan kondisi danau tersebut. “Karena dari sisi pariwisata, keberadaan danau ini sangat potensial,” katanya.

Sekadar diketahui, danau ini menawarkan panorama alam yang indah dan natural. Di beberapa sisi danau yang tak dijangkau tumbuhan eceng gondong terlihat jernih.

Terlihat, beberapa keramba ikan dan rumah makan dibuat menjuntai di atas bibir danau. Para pengunjung yang menyantap ikan bakar di sini, akan disuguhi barikade bukit dan pegunungan yang mempesona. (tr5/kho)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here