Petani Cibok Dambakan Program Pertanian NHM

0
236
ILUSTRASI site tambang emas gosowong. (foto: fpe-sbsi.or.id)

HARIANHALMAHERA.COM–Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) tahun 2021 sudah berjalan. Program ini pun mendapat apresiasi dari warga, khususnya para petani. Seperti para petani di Desa Akelamo Kao Cibok, Kecamatan Kao Teluk.

Mereka pun menanti realisasi program tersebut. Bagi mereka, program PPM PT NHM khususnya dibidang pertanian, tak sekedar memberikan lapangan pekerjaan untuk menambah pendapatan, tetapi kehadiran program itu untuk menjawab keresahan masyarakat yang selama ini didambakan, yaitu fasilitas pertanian, bimbingan, hingga kebutuhan lain dalam budidaya pertanian.

“Sebenarnya kami petani Cibok berharap program PPM NHM khususnya pertanian dan usaha perdagangan UMKM untuk Desa Cibok segera direalisasikan, agar kami dapat menikmatinya,” kata Soleman, salah satu petani cabe setempat, Selasa (5/10).

BACA JUGA : Pemuda Muhammadiyah Salut Program Pertanian PT NHM, Jumar: Alangkah Baiknya Diperluas

Belum tersalurkannya PPM PT NHM ini juga disampaikan Pjs. Kades Akelamo Kao Cibok, Bahrun RM Dun. Namun, program tersebut menurutnya, cepat atau lambat akan direalisasikan. Mengingat terobosan NHM untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan hidup masyarakat di lingkar tambang. “Program PPM NHM sejauh ini belum direalisasi pihak NHM, padahal masyarakat sangat berharap bantuan ini,” ungkapnya.

Harapan besar, lanjutnya, sejumlah program PT NHM yang sudah dirancang sedianya segera diterapkan di lapangan, sehingga masyarakat pun merasakan hal yang sama seperti desa lain di lingkar tambang. “Kalau program bedah rumah di Desa Cibok sejauh ini baru satu unit. Kabarnya dalam waktu dekat akan dilanjutkan lagi,” tuturnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here