Program PPM PT NHM Bidang Pertanian Tumbuhkan Semangat Masyarakat Bertani

0
541
ILUSTRASI program PPM di bidang pertanian PT NHM.(foto: NHM for Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Ada beberapa bidang dalam program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Salah satunya bidang pertanian. Program ini mulai terlihat hasilnya. Semangat masyarakat untuk bertani meningkat. Dibuktikan dengan dibentuknya beberapa kelompok tani (poktan).

Beberapa poktan sudah mulai merasakan manfaat langsung program tersebut. Hasil panennya langsung dibeli NHM. Sementara beberapa poktan lainnya sedang menunggu panen. Salah satunya poktan dari Desa Tabobo, Kecamatan Malifut. Poktan ini sedang menunggu panen cabe, tomat, dan sayuran.

“Tidak lama lagi akan panen. Ini merupakan panen perdana. Kami bersyukur upaya budidaya rempah berjalan lancar. Ini semua berkat bantuan PT NHM. Tidak sekadar membeli produk pertanian warga, tetapi turut membantu penyediaan bibit dan alat-alat pertanian. Meski agak terlambat, tapi kami beryukur upaya ini (budidaya) bisa sukses,” kata Kepala Desa Tabobo, Fajri Kalbi.

Dia juga menuturkan, progam PPM PT NHM tahun 2021 maupun program NHM Peduli untuk Desa Tabobo sebenarnya sebagian besar belum terealisasi, sehingga warga belum menikmatinya. “Sebetulnya sejauh ini baru program PPM PT NHM di bidang pertanian saja yang mulai dilaksanakan. Progam di bidang lain yang sudah dicanangkan belum direalisasi. Kami sangat berharap program NHM itu secepatnya ditindaklanjuti di lapangan,” katanya, ketika dihubungi.

Meski demikian, lanjut Fahri, program NHM ini jika semuanya berjalan, pastinya akan memberikan dampak positif yang luar biasa. Salah satunya pendapatan masyarakat bertambah. “Kami (pemerintah desa) menilai program PT NHM saat ini adalah penolong hidup masyarakat dari kurang mampu menjadi mapan. Terobosan PT NHM dibawa Presdir sekaligus pemilik PT NHM H Robert Nitiyudo Wachjo lebih menyentuh ke masyarakat dibanding manajemen lama. Artinya masyarakat lingkar tambang benar-benar merasakan sejahtera dengan program PT NHM yang sekarang,” ujarnya.

Menurutnya, alangkah bijaknya lagi kalau program NHM yang sudah dirancang sedianya direalisasikan secepat mungkin. Sebab masyarakat menunggu kehadirannya demi meningkatkan pendapatan. “Kalau program NHM di bidang pertanian ini dikelola langsung oleh kelompok tani dan dibimbing langsung dari pihak PT NHM. Kami juga berharap program NHM Peduli Haji Robert tetap berkelanjutan,” harapnya.

Disinggung soal program bedah rumah, Fajri menyebut di desanya baru satu unit yang diresmikan dan sudah ditempati penerima bantuan. “Baru satu unit bedah rumah yang tuntas. Kabarnya dalam waktu dekat akan dibangun rumah bantuan lainnya,” tuturnya.(dit/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here