Sambut HPN, PWI Halut Gelar Donor Darah

0
638
UNTUK KEMANUSIAAN: Foto bersama para pendonor dengan Bupati Halut Ir Frans Manery dan Kapolres Halut AKBP Yuyun Arief Kus Handriatmo SIK MSi. (foto: Ardi/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM— Menyambut Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 tahun 2020, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) menggelar donor darah. Aksi kemanusiaan ini berlangsung Jumat (31/1) di alun-alun kawasan pemerintahan.

Acara yang mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halut, Kodim 1508/Tobelo, Polres Halut, PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM), Palang Merah Indonesia (PMI), dan Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobeli, serta Galaxy Mart, dihadiri Bupati Halut Ir Frans Manery.

Bupati dalam sambutan mengatakan, berterima kasih kepada PWI karena turut  membantu daerah dalam pelayanan kesehatan. Menurutnya, kegiatan donor darah sangat membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Ke depan, pemerintah melalui RSUD dan Infokom akan mencari tahu kebutuhan darah dan akan membenahi kinerja terutama RSUD terkait kebutuhan darah, karena memang akan sangat membantu masyarakat,” katanya.

Bupati juga berharap kegiatan donor darah dapat dilaksanakan secara kontinu. Alasannya, ini untuk menjaga ketersediaan darah di rumah sakit.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dibuat secara rutin. Karena donor darah seperti ini, tidak hanya membantu sesame manusia namun sangat baik bagi kesehatan pendonor,” ujarnya.

Sementara, dr Sheila dari UTD RSUD Tobelo mengatakan, ketersediaan darah di Halut memang masih sangat kurang. Dia menyebut, UTD dalam pelayanan pemenuhan kebutuhan darah, masih dikisaran 60-70 persen.

“Itupun umumnya pendonor ini dicari sendiri oleh pasien. Jadi memang, kegiatan donor darah seperti yang dilakukan PWI, sangat penting dilakukan,” ujarnya.

“Apalagi bupati juga sudah memberikan dukungan, agar kegiatan donor darah dilakukan secara rutin. Tentunya ini sangat baik,” ujarnya, saat memberikan pengantar sebelum dilakukan donor darah kepada para calon pendonor.

Meski belum diketahui berapa kantong yang terkumpul, namun peserta yang berpartisipasi cukup banyak. Mulai dari personil Polres Halut yang dipimpin langsung Kapolres AKBP Yuyun Arief Kus Handriatmo SIK MSi, personil Kodim 1508/Tobelo dipimpin Paso Ops Kapten Arh Moh Ali yang mewakili Dandim.

Turut juga berpartisipasi personil Batalyon A Pelopor Brimob, Kipan C Yonif RK 732/Banau, Satgas Yonif 734/SNS, personil Satuan Polisi Pamong Praja, dan pelajar dari SMA yang ada di Tobelo.

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersama-sama dengan PWI Halut dalam menyukseskan kegiatan donor darah ini. Terima kasih pula kami ucapkan kepada para donatur,” kata Ketua PWI Halut Rahman Baba.(dit/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here