Surat Suara Pilkada Halut Mulai Disortir

Total yang Masuk 131.775 Lembar

0
99
Ilustrasi surat Suara (Foto : net)

HARIANHALMAHERA.COM–Jumlah surat suara pasangan calon (paslon) untuk Pilkada Serentak 2020 yang dicetak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Utara (Halut), tercatat sebanyak 131.755 lembar.

Kertas suara itu, disebut pihak penyelenggara, bahwa sudah ada dan saat ini dalam tahap sortir atau memilih – memilah, sekaligus pelipatan.

“Iya, surat suara untuk Pilkada Halut sudah ada dan kini kami dalam proses sortir,” kata Ketua KPU Halut, Muhammad Rizal, Selasa (24/11).

Dia menjelaskan, total surat suara yang masuk ke KPU Halut, hitungannya berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pilkada Halut sebanyak 126.610.

Menurut mantan jurnalis ini, jumlah surat suara sebanyak itu sudah termasuk persiapan apabila ada pemilihan ulang, yang mana, KPU Halut telah siapkan surat suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) sebanyak 2.000 lembar.

”Untuk surat suara PSU belum disortir, kami upayakan dalam durasi dua hari ke depan surat suara untuk PSU sudah tuntas disortir. Jadi mulai besok dan lusa (Rabu – Kamis, red),” ujarnya.

Terkait distribusi logistik ke kecamatan hingga TPS, lanjut Ical – sapaan akrab M. Rizal – tetap menunggu selesai penyortiran di KPU dan dipastikan mendapat pengamanan ekstra ketat dari aparat keamanan.

“Kami upayakan dalam waktu singgat surat suara sudah didistribusi, karena tahapan pencoblosan tinggal menghitung beberapa hari lagi,” tandasnya. (dit/kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here