Tiga Panwascam Minim Kuota Perempuan

Bawaslu Halut Resmi Perpanjang Pendaftaran

0
90
Rafli Kamaluddin

HARIANHALMAHERA.COM–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halmahera Utara resmi menetapkan calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu 2024 dalam rapat pleno yang digelar jumat (30/9) pekan kemarin, namun dari 17 Panwascam yang tersebar di wilyah Halut ternyata 3 Panwascam masing-masing Loloda Kepulauan (Lokep), Loloda Utara (Lolut) dan Tobelo Utara (Tobut) masih diperpanjang masa pendaftarannya. Sebab, dari hasil verfikasi berkas telah ditemukan kuota 30 persen keterwakilan perempuan belum terpenuhi.

Ketua Bawaslu Halut, Rafli Kamaludin, mengatakan, pihaknya sudah selesai melakukan penelitian berkas calon Panwascam yang dalam telah ditemukan tiga Panwascam masing-masing Lokep, Lolut dan Tobut yang belum terpenuhi kuota perempuan sehingga dalam rapat pleno telah menetapkan perpanjang masa pendaftaran.“Setelah penelitian dan rapat pleno yang kami lakukan, dimana 3 Kecamatan harus di perpanjang yaitu Kecamatan Tobelo Utara, Loloda Kepulauan dan Loloda utara,”katanya, Jumat (30/9)

Untuk Kecamatan Tobelo Utara sendiri menurut Rafli, pendaftar kuota perempuan sebelumnya 2 orang dan laki-laki sebanyak 8 orang, namun setelah dilakukan verifikasi berkas ternyata salah satu peserta perempuan usianya belum mencukupi saat mendaftar.“Setiap Kecamatan harus ada 2 orang pendaftar perempuan dan itu harus memenuhi syarat pada saat tahapan administrasi,”ujarnya

Sementara Panwascam Lokep lanjut Rafl, jumlah calon laki-laki sebanyak 10 orang dan perempuan yang mendaftar baru 1 orang, sedangkan Kecamatan Lolut semuanya pendaftar laki-laki sebanyak 11 orang dan tidak ada perempuan.

“Masa perpanjangan pendaftaran ini akan berlangsung selama 7 hari kedepan, dimana masukan berkas terhitung mulai dari  tanggal 2 sampai 8 oktober 2022. Berkas di masukkan di hari kerja mulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00 Wit di kantor Bawaslu Halut. Ketiga Kecanatan ini di perpanjang masa pendaftarannya kareba keterwakilan perempuan 30 persen belum terpenuhi,”tuturnya.(sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here