Upacara Hari Santri di Halut Berlansung Khidmat

0
90
Peringati Hari Santri Nasional 2022 di Halut

HARIANHALMAHERA.COM– Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Halmahera Utara, Sabtu (22/10) telah ikut memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022 yang ditandai dengan gelar upacara bertempat di Pondok Pesantren Alkhairaat Tobelo.

Dalam kegiatan itu turut dihadiri Kepala kantor Kementerian Agama (Kemenag) Halut selalu pembina upacara, pengurus cabang NU Halut dan seluruh Badan Otonom (Banom) PCNU Halut serta Kepala-kepala madrasah di lingkup Kemenag Halut.

Kakan Kemenag Halut, Yamin Latief Tjokra, S.Hi, M.Pdi, dalam membaca amanat Kementrian Agama RI mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo melalui surat keputusan presiden nomor: 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

“Penetapan ini merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa yang heroic tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai hari pahlawan nasional,”katanya.

Sejak ditetapkan tahun 2015 lanjutnya, hari santri selalu diperingati setiap tahun dengan tema yang berbeda. Di tahun 2022 ini  menurutnya, peringatan hari santri mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” yang bermakna bahwa santri dalam sejarah selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.

“Dimana ketika negara memanggil, santri dengan berbagai macam latar belakangnya siap sedia mendharmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara, baik dalam dunia politik, ekonomi, maupun dalam dunia Pendidikan dan agama,”ujarnya.

Meskipun demikian, sambung Yamin, santri selalu mengedepankan nilai agama dalam setiap perilakunya. Sebagai insan yang menjunjung tinggi nilai agama, santri juga menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

“Sebab santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah pokok ajaran agama. Menjaga martabat kemanusiaan bagi santri seperti menjaga negara Indonesia,”tuturnya.

Sementara, Ketua Tanfidziah PCNU Halut, Husain Horu, S.Fil, menambahkan bahwa upacara Hari Santri ini merupakan agenda Nahdlatul Ulama. Dimana semua pengurus dan badan otonom dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

“Iya ini agenda PCNU Halut bekerjasama dengan Pondok Pesentren Alkhairaat Tobelo. Setelah upacara dilanjutkan dengan Apel Akbar yang dilakukan secara Zoom,”pungkasnya.(rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here