Benarkah Bra Bikin Payudara Kencang?

1
567
ILUSTRASI bra. (foto: net)

HARIANHALMAHERA.COM– Banyak informasi yang beredar di masyarakat tentang penyebab payudara menjadi kendur atau cara membuat payudara kencang. Sayangnya, tidak semua informasi itu benar, sebagian tidak lebih dari mitos.

Ada mitos yang menyebutkan payudara kendur disebabkan oleh menyusui, berkaitan dengan alasan menyusui atau faktor usia. Penting bagi wanita memahami informasi yang benar tentang payudara kencang, tidak hanya mitos.

Mengutip artikel di laman alodokter.com, pendapat paling banyak dipercayai oleh hampir seluruh wanita, yaitu agar terhindar dari kekenduran, harus memakai bra sepanjang hari, termasuk menggunakan bra saat tidur. Sayangnya, pendapat ini hanya mitos. Sebab, payudara kencang bukan karena kebiasan memakai bra terus menerus.

Sebaliknya, payudara kendur juga bukan karena sering tidak memakai bra tetapi karena jaringan ikat yang ada di dalamnya melemah. Penyebab lainnya adalah adanya gaya gravitasi. Bra hanya akan membuat penampilan payudara menjadi lebih indah tetapi tidak mencegahnya kendur.

Disebutkan, aktivitas menyusui menyebabkan payudara kendur juga hanya mitos. Yang menyebabkan payudara kendur adalah kondisi kehamilan. Pada saat hamil, berat badan meningkat dan akan diikuti dengan peregangan ligamen pada payudara karena pengaruh hormon kehamilan. Pada saat payudara kembali ke ukuran awal, regangan pada ligamen inilah yang membuat payudara menjadi tampak kendur.

Faktanya, perubahan berat badan dapat membuat kulit pada payudara meregang dan kehilangan elastisitas. Alasan ini yang sebenarnya mempengaruhi perubahan kekencangan payudara, sebelum dan setelah kehamilan.

Kemudian, efek payudara kencang juga berkaitan dengan usia. Semakin bertambahnya usia, kekencangan payudara akan berkurang. Penyebabnya adalah jaringan ikat yang semakin mengendur seiring waktu. Terlebih pada masa menopause, kelenjar payudara yang awalnya padat akan digantikan oleh lemak sehingga tampak kendur.(adc/fir)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here