Puasa Hilangkan Racun dari Tubuh?

0
494
ILUSTRASI overeating saat berbuka puasa. (foto: winnetnews.com)

HARIANHALMAHERA.COM– Bagi umat muslim, puasa tidak sekadar hal yang wajib dilaksanakan selama bulan Ramadan. Namun, puasa juga merupakan bagian dari ‘perawatan’ tubuh yang sudah beraktivitas selama satu tahun. Puasa disebut bisa membuang racun-racun dalam tubuh. Benarkah itu?

Melansir wolipop.com, ahli diet Riham Shamseddine mengaku, puasa tidak membantu tubuh mengeluarkan racun-racun karena sebenarnya makanan tidak memproduksi racun di tubuh.

“Yang terjadi ketika Anda makan tidak sehat adalah terjadinya stres oksidatif. Stres oksidafit adalah kondisi di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya menimbulkan kerusakan sel maupun organ yang lebih banyak,” terangnya.

Baik puasa atau tidak, Riham menyebut perlu membatasi makanan yang tidak sehat dan menjaga diet kaya antioksidan. Hal ini dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

“Pastikan mengonsumsi makanan super seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, salmon, alpukat. Puasa Ramadan saja tidak cukup untuk mengeluarkan toksin, tapi harus disertai dengan makanan sehat dan seimbang,” pungkasnya.(wpc/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here