Waspada, Sudah Ada Pasien DBD yang Meninggal

0
225
ILUSTRASI nyamuk Aedes aegepty pembawa virus dengue penyebab DBD. (ilus: jawapos.com)

HARIANHALMAHERA.COM–Musim penghujan yang belakangan melanda Kota Ternate, turut bedampak pada munculnya penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Di awak tahun ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat sudah ada 7 kasus DBD. Bahkan, satu diantaranya telah meninggal dunia.

Kadinkes Ternate Nurbaity Maradjabesy mengaku, dalam dua tahun terakhir, kasus DBD di Ternate mengalami peningkatan signifikan. Di mana pada 2020 tercatat 120 kasus dan di tahun 2021 naik menjadi 136 kasus. “Untuk itu di 2022 ini saya upayakan kalau boleh tekan jangan sampai 100 kasus,” ungkapnya.

Guna mencegah penyakit DBD ini terutama di musim penghujan, Dinkes mulai melaksanakan penyuluhan agar warga menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya. Seperti dengan tidak membiarkan genangan air pada wadah barang bekas yang bisa menjadi sarang nyamuk penyebab DBD.

“Kemudian saluran drainase harus airnya mengalir tidak tergenang. Makanya kalau mau masyarakat Kota Ternate itu sehat-sehat mari kita sama-sama menjaga kebersihan,”pintanya.(par/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here