7 Ribu Pelaku UMKM di Ternate Batal Terima Bansos

0
314
Ilustrasi : Seorang Pedagang Kali Lima (PKL) Malioboro menunjukkan bendera putih saat aksi "Malioboro Berkabung" di Jalan Malioboro, Yogyakarta, Jumat, 30 Juli 2021. ANTARA

HARIANHALMAHERA.COM–Dinas Koperas dan UKM Kota Ternate sudah mengusulkan puluhan ribu pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) ke pemerintah pusat untuk ditetapkan sebagai penerima bantuan sosial (Bansos) sebesar Rp 1,2 juta per UKMM ini.

Namun, dari jumlah 28.221 pelaku UMKM yang diusulkan, yang diakomodir untuk mendapatkan Bansos sebanyak 20.481 orang. Artinya, sebanyak 7 ribu lebih yang dicoret.

Kadis Koperasi dan UKM Hadi Hairuddin  mengaku ada banyak sebab 7 ribu pelaku usaha itu tidak diakomodir. Diantaranya karena data atau administrasi yang diajukan tidak valid bahkan ada sebagian tidak memenuhi syarat karena memiliki KUR di bank. “Salah satu syarat untuk mendapatkan Bansos UMKM, tidak punya KUR di Bank” katanya,

Selain bansos UMKM, tahun ini pihaknya juga telah mengusulkan wirausaha pemula untuk mendapatkan bantuan modal dari Kementerian Koperasi.

“Tahun ini kami ajukan 68 wirausaha pemula, namun diakomodir dan memenuhi syarat hanya 14 orang. Bantuan ini per wirausaha mendapatkan modal sebesar Rp 7 juta,”terangnya.

Rencnanya, tahun depan usulan seruoa juga akan diajukan. “Jatah yang dikasih juga terbatas, tapi mudah-mudahan tahum depan ini jatah ternate bisa lebih banyak,”pungkasnya.(tr4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here