Aktivitas Gamalama Meningkat, Terekam 50 Kali Gempa Vulkanik

0
495
PANTAU Pengamatan aktivitas vulkanik dari Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama. (foto: net):

HARIANHALMAHERA.COM— Setelah Rabu (6/4) lalu sempat menunjukkan penurunan aktivitas kegempaan maupun intensitas aktivitas asap kawah, Kamis (7/3) siang, Gunung Api Gamalama Ternate kembali menunjukan peningkatan aktivitas kegempaan vulkanik.

Peningkatan tersebut terjadi signifikan. Data Pos Pengamatan, sudah tercatat lebih dari 50 kali gempa vulkanik yang terekam pada seismograf.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama Darno Lamani, dalam pernyataannya dikutip RRI mengatakan, visual Gamalama sejak pagi hanya terlihat sebentar, tapi tidak ada asap selanjutnya tertutup kabut.

”Di seismograf masih terus terekam gempa vulkanik yang terjadi peningkatan terus menerus,” kata Darno.

Dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanik, lanjutnya, masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing dengan informasi tentang aktivitas gunung api Gamalama. Hendaknya selalu mendapat informasi dari instansi berwenang.

“Masyarakat dan wisatawan juga diminta untuk tidak beraktivitas pada radius 1,5 kilomter dari kawah puncak gunung api Gamalama Ternate,” pintanya.

Sampai berita ini dipublish, aktivitas gunung api Gamalama masih berada pada waspada level II. Peningkatan aktivitas berupa gempa vulkanik masih terus terekam.

Disamping itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, baik laporan melalui whatsapp dengan BPBD Kota Ternate.(rri/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here