Gelorakan Program Wajib Salat

0
491
Wali Kota Burhan Abdurrahman didmapingi Wawali Abdullah Taher bersama dorkopimda memukul tifa pada peringatan Hut PGRI dan HGN di Ternate

HARIANHALMAHERA.COM–Selain Baca Tulis Alquran (BTA), Pemkot Ternate belakangan terus mendorong program salat berjamaah di sekolah. Memang, beberapa sekolah baik SD maupun di Ternate telah memulainya dengan Subuh berjamaah.

Disela-sela peringatan HUT ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru
Nasional (HGN) sekaligus pembukaan konfrensi ke XXII PGRI Kota Ternate, masa bakti 2019-2024, di Duafa Center, Burhan meminta dukungan para guru akan program peningkatan iman dan takwa (Imtak) bagi siswa.

“Tugas kita belum selesai. Sembilan tahun saya menakodai Ternate, khusus dibidang
pendidikan, mendapat dukungan penuh dari seluruh unsur penyelenggara pendidikan. Sudah banyak yang diperbuat, tapi masih banyak yang mesti harus diselesaikan lagi,” kata nya Program ekstra kurikuler ini, lanjut Burhan, perlu adanya dukungan yang maksimal dari guru terutama guru kelas. “Yang non muslim ke gereja, yang musim ke Masjid. Kita telah sukses melaksanakan program baca tulis Alquran, maka harus ada satu langkah lebih maju yakni menerapkan wajib magrib siswa di masjid lingkungan dimana siswa itu berada,”tandasnya.

Dia mengaku, program ini tidak gampang. Apalagi diawal memulai, tapi jika ada dukungan
penuh dari guru pasti akan berjalan sebagaimana yang diharapkan. “Kita akan bicarakan
bersama dengan para imam masjid yang ada di Ternate. Jika ini berhasil dilaksanakan dan
anak itu mulai melaksanakan salat dari SD dan SMP, otomatis anak itu terbiasa dan tertanam iman dan ketakwaanya,” tambahnya.

Program wajib ibadah ini jika berjalan tentu akan memberi dampak sosial pada masyarakat
sekitar. ” Ternate pada 5 sampai 10 tahun kedepan akan ada perubahan yang besar. Karena generasi kedepan adalah generasi yang selain mampu baca tulis Alquran, juga mampu menjalankan dan menjaga keimannya melalui salat dan ibadah ke gereja. Orang akan merasa kesejukan tersendiri ketika datang ke Kota Ternate,” pungkasnya.

Hadir dalam upacara peringatan HUT PGRI dan HGN ini Wawali Abdullah Tahir, Sekkot M.
Tauhid Soleman, Forkopimda, Pimpinan SKPD dan para pengurus PGRI Provinsi dan Ternate. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan tarian dari guru dan siswa.(pn/lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here