Keluarga CJH Diimbau Tidak Datang ke Asrama Haji

0
39
Pelepasan CJH Kota Ternate oleh Wali Kota M Tauhid Soleman di gedung Duafa Center kemarin (21/6)

HARIANHALMAHERA.COM–Setelah resmi dilepas oleh Wali Kota M tauhid Soleman kemarin, sebanyak 123 calon jemaah haji (CJH) Kota Ternate mulai hari ini (22/6) akan masuk ke Asrama Haji transit Ternate.

Kabag Kesra Setda Kota Ternate, M Icshan menambahkan, di Asrama Haji, para CJH akan menjalani karantina selama dua hari sesuai jadwal yang ditetapkan oleh panitia di asrama haji di Ngade.

“Sesuai jadwal yang ditetapkan CJH, maka seluruh CJH juga kita harapkan bisa mematuhi aturan dan jam yang ditetapkan panitia,” pintanya.

Untuk menjaga kesehatan para CJH tetap stabil hingga pemberangkatan ke Embakarasi Makassar pada 25 Juni 2022, dia mengimbau pihak keluarga tidak melakukan kunjungan ke asrama haji.  “Karena CJH yang akan diberangkatkan tentunya juga harus fokus jaga kesehatan, dan fokus beribadah,” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ternate, Amir Tomagola mengatakan, 123 orang CJH ini terdapat 2 CJH yang dimutasi dari daerah lain, yakni 1 CJH dari Kabupaten Morotai ditambah 1 CJH kuota antar Provinsi. “Dengan demikian, maka jumlah CJH Kota Ternate yang siap diberangkatkan 123 orang,” ungkap Amir.

CJH Ternate tahun ini didominasi perempuan dengan jumlah 70 orang dan laki-laki 53 orang. Untuk CJH termuda, atas nama Asril Hi. Dhjen dengan usia 18 tahun dan tertua nama Faisal Ambar (64 tahun) yang berdomisili di Kelurahan Sasa, Kota Ternate. “Dan tanggal 25 Juni pagi Insha Allah diberangkatkan embarkasi Makassar,” pungkasnya.(par)

Sementara Wali Kota menyampaikan rasa syukur pelaksanaan ibadah haji 2022 dapat diikuti oleh CJH, setelah dua tahun terakhir sempat tertunda, lantaran pandemi Covid-19.

“Rasa syukur ini penting kita panjatkan kepada Allah SWT, ini merupakan keberkahan bagi jamaah. Jadi sebuah rasa syukur yang luar biasa bagi kami, sebagai koordinator penyelenggara haji Kota Ternate pada jamaah dapat melaksanakan haji di tahun ini,” kata Tauhid.

Dengan kuota terbatas ini, Tauhid berharap semoga ke depan bisa lebih diperluas, sehingga yang saat ini masih menunggu kesempatan untuk bisa berangkat haji dapat terpenuhi ke depan nantinya.

“Karena kita tahu persis, dengan jumlah umat muslim yang telah mendaftar kurang lebih 6.000 orang itu menunggu waktu yang cukup lama, yakni 20 tahun,” sambungnya.

Dia berpesan kepada CJH tuluskan niat sucikan hati, senantiasa mengikuti arah dan bimbingan petugas.

“Kemudian jagalah kekompakan, kebersamaan dan saling menolong sesama regu rombongan, dan kloter bahkan terhadap sesama jamaah haji,” pesan Tauhid.(par/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here