Para Imam dan Guru Mengaji di Ternate Terima Insentif

0
472
Wali Kota Ternate, Burhan Abdurrahman, menyerahkan insentif kepada seluruh imam masjid dan guru mengaji di Kota Ternate. Foto: Alfajir/Harian Halmahera

HARIANHALMAHERA.COM – Pemerintah Kota Ternate melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), menyalurkan insentif triwulan III kepada para Imam, wakil Imam, guru mengaji (TPA/TPQ), serta penyuluh agama Islam.

Penyerahan yang dihadiri langsung Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, dan jajaran Forkopimda itu, sekaligus memperingati Tahun Baru Islam 1442 Masehi di Masjid Almunawar Kota Ternate, Kamis (20/8).

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, menuturkan atas nama pemerintah, pihaknya mengapresiasi kinerja Baznas yang sudah dikukuhkan beberapa tahun lalu, dan sampai saat ini masih melaksanakan tugasnya dalam mengumpulkan zakat di Kota Ternate.

Burhan menjelaskan, berdasarkan laporan dari Baznas bahwa dari tahun ke tahun terus ada peningkatan zakat yang disalurkan oleh masyarakat. “Untuk di tahun ini mencapai Rp 2 miliar lebih,” katanya.

Menurut dia, dengan adanya peningkatan ini, berarti ada kesadaran kaum Muslim di Kota Ternate terhadap kewajiban membayar zakat. “Ini terlihat mulai lebih membaik,” katanya.

Berdasarkan hasil penelitian potensi zakat di Kota Ternate, kata dia, jika dikelola secara maksimal, maka jumlah zakat akan lebih tinggi. “Dengan begitu, bisa dilakukan berbagai kegiatan, dengan tujuan mensejahterakan masyarakat Kota Ternate,” ucapnya.

Dia juga berterima kasih kepada  para imam dan wakil imam yang selama ini melaksanakan tugas di masjid di Kota Ternate. “Karena ini bagian dari upaya pemerintah menwujudkan salah satu visi pembangunan dan menjadikan masyarakat yang agamais,” tuturnya.

Dia berharap dari waktu ke waktu akan tumbuh kesadaran dalam menjalankan ajaran agama. “Salatnya bagus, puasanya bagus, zakatnya bagus. Supaya ada tumbuh kesedaran masyarakat yang mendalam, dengan tujuan meningkatkan kesadaran kita dalam beragama,” ucapnya.

Sebab, kata dia, pemerintah juga ada program baca tulis Alquran, hafidz quran, dan salat dhuha di setiap sekola dasar. “Ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran anak-anak dalam beragama Islam di Kota Ternate,” tuturnya.

Wali Kota dua priode ini menuturkan, di akhir masa jabatannya ini, dirinya akan memberikan perhatian yang maksimal, terutama soal kesejahteraan para pengurus masjid.

“Karena masjid yang ada di Kota Ternate ini, sudah banyak memberikan zakat dari masyarakat dan pemerintah. Tinggal kita bisa mengisi shaf saat salat berjamaah, dan ini adalah tanggungjawab kita semua, mau itu pemerintah, masyarakat, para imam dan ulama, sehingga waktu saalat semuanya terisi,” terangnya. (tr-3/Kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here