Tagana Harus Siap Hadapi Bencana

0
369
Penyerahan bantuan sembako kepada warga Afe Taduma, Ternate

HARIANHALMAHERA.COM–Sebagai provinsi yang rawan akan bencana alam yang datang tak mementu, masyarakat Maluku Utara (Malut) pun mau tidak mau dituntut harus siap dan siaga menghadapi.

Tidak hanya itu, untuk memimimalisir dampak dari bencana terutama korban jiwa, pemahamaan akan mitigasi bencana suatu keharusan. Ini lah salah satu tugas yang harus dilakukan Taruna Siaga Bencana (Tagana)

“Inilah tantangan untuk meningkatkan kesiapsiagaan kita terhadap bencana dengan memberdayakan masyarakat kita menjadi masyarakat yang siaga dan siap dalam menghadapi bencana.” pesan Gubernur Abdul Gani Kasuba (AGK) saat menutup Bhakti Sosial sekaligus mengukuhkan Forum Koordinasi Tagana Malut di Afe Taduma Ternate, kemarin (01/11).

Bencana kata AGK selalu berkaitan dengan kompleksitas masalah yang menuntut penanganan secara profesional. Tagana sebagai salah satu pegiat penanggulangan bencana harus mampu mempersiapkan diri menjawab kondisi dimaksud.

Harapanya, peran Tagana dalam meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana dengan cara membangun partisipasi semua pihak, tidak hanya dibebankan pada pemerintah semata melainkan peran masyarakat dan juga pihak swasta atau dunia usaha, karena kalau ketiga unsur ini bersinergi dan saling mendukung tentu penanganan bencana bisa berjalan dengan baik.

“Sebagai anggota Tagana, senantiasa harus meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri dalam mengemban amanat masyarakat, karena melalui peran kitalah, masyarakat daerah kita akan merasa terlindungi dengan ancaman resiko bencana,” pintanya

Kadinsos Malut Muhammad Ismail mengatakan kegoatan Bhakti Sosial yang digelar ini bermaksud terciptanya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan bencana.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kopetensi dan kapasitas dalam penanggulangan bencana, meningkatkan pengetahuan tentang pengurangan resiko bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan bencana.” ucapnya sembari menuturkan bhakti sosial melibatkan 50 peserta yang terdiri dari anggota forum koordinasi Tagana se-Malut.

Dalam kesempatan itu, AGK juga Menyerahkan Bantuan kepada Masyarakat Afe Taduma berupa Beras, Paket Makanan Anak, Tenda Gulung, dan bantuan keserasian Sosial. Selain itu, AGK juga meletakan Batu Pertama Renovasi Musholah An-Nur Kelurahan setempat.(lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here