Teknologi

Produksi Ponsel China Ikut Anjlok Akibat Virus Corona

×

Produksi Ponsel China Ikut Anjlok Akibat Virus Corona

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI tidak hanya manusia harus menggunakan masker atau pakaian khusus, smartphone pun ikut dibungkus plastik agar tidak terpapar virus corona. (foto: cnnindonesia.com)

HARIANHALMAHERA.COM–VIRUS corona (2019-nCov) yang sampai saat ini terus menyebar, ternyata tak hanya mengancam kehidupan manusia, tapi juga mengancam pendapatan perusahaan pembuat smartphone di China. Sebuah laporan menyebut produksi hp ikut anjlok.

Melansir CNNIndonesia.com, kejadian ini pun membuat beberapa ponsel mulai langka dan sulit ditemukan di pasar. Penurunan ini turut disebabkan kebijakan pemerintah China yang membatasi operasional atau menutup toko, restoran dan berbagai lini bisnis di China. Kebijakan itu diambil sebagai langkah pencegahan pemerintah China agar virus tersebut tidak meluas.

Akibatnya, laporan dari Strategy Analytics mengungkapkan pengiriman ponsel cerdas di China akan menurun 30 persen pada kuartal pertama (Q1) 2020.

Kasus virus corona ini diperkirakan memperlambat pertumbuhan PDB (produk domestik bruto) dan pengeluaran konsumen di China. Hal ini nantinya akan memengaruhi pasar ponsel cerdas di negara itu pada paruh pertama tahun 2020.

Laporan ini menyoroti bahwa pengiriman ponsel pintar global kemungkinan akan turun 2 persen akibat epidemi virus korona . Tak ubahnya penurunan ponsel pintar global, pengiriman ponsel pintar China pada 2020 diperkirakan akan turun dua  persen. Dampak terbesar akan terjadi pada kuartal pertama di mana pengiriman diperkirakan akan turun sebesar 30 persen, seperti ditulis Gizmochina.

Laporan lebih lanjut mencatat bahwa China memproduksi hampir 70 persen dari ponsel dunia. Oleh karena itu, keterlambatan dalam operasi pabrik karena liburan Tahun Baru yang diperpanjang dan pembatasan perjalanan serta karantina akan berdampak buruk pada pasokan dan produksi global.

Tanda-tanda awal kekurangan pasokan produk terlihat dari gaibnya stok Asus ROG Phone 2 di India saat ini. Laporan lebih lanjut menambahkan bahwa dampak virus corona pada pengiriman ponsel pintar di China bisa lebih buruk apabila penyebaran virus ini tidak dikendalikan dalam beberapa bulan ke depan.

Epidemi virus corona di China juga memundurkan rencana Xiaomi untuk meluncurkan Xiaomi Mi 10 yang sebelumnya diprediksi akan meluncur pada 11 Februari di China. Bahkan, laporan baru mengklaim bahwa ponsel flagship besutan Xiaomi, Mi 10 Black Shark bisa diluncurkan secara online akibat adanya virus corona ini.

“Wabah virus corona baru di Wuhan akan menghantam China dan ekonomi global selama paruh pertama 2020. Pasar smartphone akan terkena dampak buruk oleh pertumbuhan ekonomi yang melambat dan belanja konsumen yang jatuh, ” ujar Direktur Strategy Analytics Linda Sui seperti yang dikutip dari South China Morning Post via CNNIndonesia.com.

Vendor terkemuka seperti Huawei, Oppo, Vivo, dan Xiaomi diperkirakan akan terkena dampak negatif virus corona di China. Laporan terpisah

dari  Canalys juga memprediksi wabah Corona di China membuat pengiriman ponsel pada kuartal keempat mencatat angka terendah sejak kuartal pertama 2013.

“Setiap penundaan operasi untuk pabrik, dengan karantina atau pembatasan perjalanan, pasti akan menyebabkan kekurangan pasokan tenaga kerja sementara,” kata Sui.(cnn/fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *