Pesan Gubernur ke CJH: Jangan Tinggalkan Shalat

Hari Ini Kloter 12 Terbang ke Jeddah

0
78
Ilustrasi : Gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK) saat meinjau kedatangan Calon Jemaah Haji (CJH) Malut di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) beberapa waktu lalu

HARIANHALMAHERA.COM–Pemberangkatan rombongan Calon Jamaah Haji (CJH) Maluku Utara (Malut) menuju tanah suci dimulai. Minggu (16/6) malam tadi sekitar pukul 19.35 WITA, sebanyak 391 CJH Malut dalam kelompok terbang (kloter) 11 embakrasi Makassar resmi diterbangkan menuju Jenddah melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Kloter 11 ini terdiri dari JCH Kota Ternate sebanuak 123 orang, Halmahera Selatan (Halsel) 92 orang, Halmahera Utara (Halut) 43 orang, Halmahera Timur (Haltim) 28 orang, Halmahera Barat (Halbar) 32 orang, Kepulauan Sula 51 orang, dan Pulau Morotai 22 orang.

Gubernur Abdul Gani Kasuba (AGK) usai penyerahan 391 CJH ke Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Sudiang Makassar  menyampaikan, pokok dari ibadah haji adalah Salat. Karena itu, dia berpesan kepada para CJH agar jangan pernah meninggalkan satupun waktu Salat karena perjalanan ini adalah perjalanan ibadah.

“Saya minta kepada PPIH bahwa melayani jamaah adalah tugas berat namun bisa dilakukan dengan mudah jika melayani dengan ikhlas. Layani mereka seperti melayang orang tua sendiri karena saya sudah merasakan kemudahan itu lebih dari 20 tahun mengurusi jamaah haji,” kata AGK

Usai menyerahkan 391  JCH Malut kloter 11 kepada PPIH Embarkasi Makassar, kemarin, AGK kembali menjemput 103 JCH  Maluku Utara yang tergabung dalam Kloter 12.

Orang nomor satu di Pemprov  itu menjemput langsung CJH di Apron  Bandara internasional Hasanuddin Makassar,

Koordinator Bidang Acara dan Publikasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah Provinsi Malut Rahwan K Suamba mengatakan penjemputan di bandara dimaksudkan untuk melihat dan memastikan kenyamanan jamaah saat turun dari pesawat dan naik ke bus yang telah disiapkan PPIHD Malut.

Kemudian, saat tiba di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang, AGK memberikan wasiat kepada para jamaah asal Malut, Sulawesi Selatan, Sulawesi tengah dan Gorontalo yang tergabung dalam kloter 12.

Rahwan mengatakan, jemaah Kloter 12 asal Maluku Utara merupakan jamaah flight terakhir  berjumlah 100 orang yang terdiri Kota Tidore 53 orang, Pulau Taliabu 18 orang, dan Halmahera Tengah 29 orang.

Kloter 12 ini nantinya akan bergabung dengan CJH asal Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Sesuai jadwal kloter 12 baru akan bertolak ke Jeddah Senin (27/6) malam ini sekitar 21.35 WITA.

Sekedar diketahui, pada acara penyerahan  JCH Malut ke emberkasi Makasar oleh Gubernur  juga langsung dilakukan pembagian gelang tangan dan pemeriksaan kesehatan juga dilakukan pemeriksaan sejumlah Sahara yang isinya ditemukan ada benda yang dilarang masuk ke bagasi.

Turut mendampingi  gubernur, Wakil Ketua DPRD Provinsi Malut Muhammad Abusama, Walikota Ternate M Tauhid Soleman, Bupati Halbar, James Uang dan mewakili Kakanwil Kemenag Malut  H. Ridwan Kharie, dan Komisi IV DPRD provinsi Malut. (adv/lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here