Target jadi Laboratorium Kesehatan Daerah

0
467
Persemian gedung Apotik Bahari Berkesan dan Laboratorium Oleh Wali Kota Burhan Abdurahman

HARIANHALMAHERA.COM– Setelah sebelumnya “numpang’ di Pujasera (pusat jajanan serba ada), kini Apotik Bahari Berkesan sudah punya gedung baru. Bahkan, gedung yang dibangun di samping puja sera itu juga dilengkapi Laboratium.

Kemarin, bangunan yang dibangun dengan APBD itu diresmikan Pemkot yang Dilanjutkan
dengan penandatangan MoU antara Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan beberapa pihak yakni RS Prima, RS Islam, Prodia Ternate, Poltekes Ternate.

Walikota Burhan Abdurrahman di sela-sela peresmian gedung yang dilanjutkan dengan
pemeriksaan kolseterol dan gula darah gratis ini berharap dengan gedung baru ini maka
pelayanan dan kebersihan harus dijaga. “Apotik maupun Laboratorium telah siap fasilitas yang ada untuk menjaga pelayanan masyarakat Ternate, serta membangun kerja sama,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ternate, dr. Fathiyah Suma, menuturkan MOU dengan sejumlah pihak ini membuka peluang Laboratorium Kesehatan Daerah harus
memaksimalkan fungsi pelayanan maupun akses pelayanan, untuk kerja sama dengan sistem rujukan di RS yang ada di Ternate.

Di satu sisi, Dinkes terus berupaya untuk melengkapi fasilitas pelayanan Daerah melalui usulan ke Kemenkes agar bias mendapatkan DAK bidang kesehatan. “Dan Gedung Kesehatan ini, sudah teregistrasi di Kementerian Kesehatan. Tinggal saja di Tahun depan kita akan usulkan fasilitas Kesehatan dan akreditasi,” ujarnya.

Laboratorium ini jua lanjut dia di siapkan layanan Dokter Umum dan Dokter Spesialis, agar bisa membuka pelayanan 1×24 Jam. “Sistem pelayanan akan di buat antar jemput bagi pasien yang sakit parah,” tuturnya.

Sementara Dirut BUMD Holding Compony, Ramdani Abubakar menjelaskan pasca diserahkan oleh PUPR, dalam enam bulan depan akan dibuat Klinik Daerah Ternate yang di lakukan secara bertahap. “Tahap pertama Apotik, tahap ke dua kita akan tingkatkan satatus jadi Klinik,” ucapnya seraya menuturkan Aportik Bahari Berkesan masih di bawah naungan Holding Cimpany belum bisa jadi anak perusahaan. “Kecuali satatusnya Klinik baru kita otonomikan jadi anak perusahaan,” pungkasnya.(pn/lfa/pur).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here