PUPR Malut Optimis Pembangunan Infrastruktur Jalan Capai 65 Persen

0
113
Kepala Dinas PUPR Malut Syaifuddin Djuba. (foto" Elfa/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM— Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku Utara (Malut) manargetkan pembangunan infrastruktur jalan di wilayah provinsi memenuhi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebesar 65 persen di 2023.

Plt Kepala Dinas PUPR Saifuddin Djuba mengungkapkan, pembangunan jalan di wilayah Provinsi Maluku Utara saat ini baru diangka 45 persen. Menurutnya, target RPJMD Malut pembangunan harus diangka 65 persen.

“Tapi target RPJMD di 2024 itu diangka 65 persen. Insya Allah kami akan penuhi target itu,” katanya.

Mantan Pj Bupati Halmahera Utara (Halut) Halut ini mengatakan, PUPR dengan target penuhi 65 persen pada tahun 2023 itu akan diupayakan penganggarannya melalui Anggaparan Pendapatan Belanja  Daerah Perubahan (APBD) 2022 melalui skema multiyears.

Disebutkan, berdasarkan data Dinas PUPR Provinsi Malut, ruas jalan yang menjadi tanggungjawab Pemprov Malut sepanjang 1.276,80 Kilometer (km). Hingga memasuki tahun 2022 ruas jalan provinsi yang baru dibangun sepanjang 100 km. Masih terdapat 1.176,80 km yang belum dibangun.

“Untuk tahun 2021 hingga 2022, Pemprov Malut akan membangun ruas jalan provinsi di lima Kabupaten dan Kota. Mulai di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Halut, Kota Tidore Kepulauan, Kepupauan Sula, dan Halmahera Barat,” kata Saifuddin.

Sementara lima kabupaten/kota lainnya, lanjutnya, belum tersentuh. Di lima Kabupaten ruas jalan yang dibangun juga tidak secara merata, seperti di Kabupaten Halsel, ruas jalan Bacan Timur Tenga. Ada ruas jalan provinsi yang hingga saat ini belum dibangun.

“Di Kepsul ruas jalan Sulabesi Barat yang menjadi kewenangan provinsi juga belum dibangun  Selain itu, ruas jalan Matuting-Ranga ranga yang rencananya dibangun menggunakan dana PT. SMI juga mulai direalisasi.(adv/lfa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here