Disdik Rencana Hapus Sistem Zonasi PPDB

Ganti dengan Sistem Kuota

0
84
ILUSTRASI Calon siswa saat membaca informasi penerimaan siswa baru.(foto: jawapos.com)

HARIANHALMAHERA.COM–Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate berencana mengkaji kembali penggunaan sistem zonasi yang selama ini dipakai dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Meski tujuan dari sistem tersebut salah satunya mengurai terjadinya penumpukan calon siswa di sekolah tertentu, namun bagi Kadisdik Ternate, Muslim Gani justeru dianggap membatasi keinginan orang tua siswa untuk menyekolahkan anakanya di luar zonasi.

“Karena itu merupakan hak mereka yang ingin menyekolahkan anaknya dimana saja. Nah hak itu kita mencoba ingin kembalikan dengan melakukan kajian kembali,” katanya.

Dia mengaku, kajian itu akan dilakukan sebelum pelaksanaan tahun ajaran baru dengan menggelar rapat bersama pihak sekolah. “Misalkan ada yang mau anaknya di sekolahkan di SMP Negeri 4 tapi dia tidak tinggal atau berada di zona tersebut, maka terpaksa harus mencari sekolah yang berada di zonasinya. Padahal itu hak masyarakat untuk memilih sekolah,” ucapnya.

Sebagai gantinya, PPDB menggunakan sistem kuota.  “Jadi nanti kita akan kaji seperti itu, ada kuota yang diberikan pihak sekolah sehingga ini yang digunakan bagi yang berasal dari luar zonasi,” pungkasnya.(par/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here