SMKN 2 Belum Capai Kuota

0
456
Gedung SMK Negeri 2 Ternate

HARIANHALMAHERA.COM– Tidak seperti penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun lalu, PPDB di SMKN 2 Ternate pada tahun ini sepi pendaftar. Buktinya, jelang penutupan PPDB Rabu (26/6) hari ini, siswa yang baru mendaftar sebanyak 386 orang. Sedangkan kuota yang disediakan 520 kursi. Itu artinya, masih 134 kursi yang belum terisi.

Kepala SMKN 2 Kota Ternate, Kamaludin Ahmad menuturkan, jika dilihat dari pengalaman
tahun kemarin, memang siswa yang mendaftar biasanya membludak di hari ketiga sehingga dia meyakini kuota 520 kursi bisa terpenuhi. “Untuk kouta kami masih ada 134, namun penyebarannya tidak merata,” terangnya.

Walau secara akumulatif masih ada 134 kursi yang belum tersisi, namun dari kuota jurusan
terdapat dua jurusan yang sudah kelebihan lantaran menjadi jurusan favorit yakni listrik dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Dimana, dua jurusan itu kuotanya hanya 64 kursi, sedangkan yang mendaftar mencapai 165 orang. “Meski begitu kami tidak melakukan pembatasan, karena jika banyak yang berminat tetap kami akan seleksi,” kata Kamaludin.

Seleksi yang dilakukan nantinya menggunakan dua metode, yaitu dengan nilai UN dengan
ketentuan passing grade dan juga tes tertulis. Tes tertulis dilakukan jika seleksi melalui nilai UN masih kelebihi kouta. “Beberapa jurusan yang tidak melebihi kouta akan dilakukan seleksi nilai, baru ditambah dengan perengkingan.

Misalkan nilai tgertinggi 100, dan yang dibutuhkan, maka akan dialakukan seleksi dengan nilai tertinggi hingga mencaai kuota. Sehingga yang berada di Kabuaten Kota lain juga bisa datang mendaftarkan diri,” terangnya.

Pihak sekolah juga membuka dua pilihan jurusan kepada para pendaftar yakni pilihan pertama dan kedua. “Jika yang satu tidak didapat, maka akan diarahkan ke pilihan kedua,” terangnya. Meski dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) jumlah siswa di setiap ruang belajar dibatas 36 siswa, namun pihaknya hanya akan memaksimalkan sebanyak 30 siswa. Hal itu dilakukan agar meningkatkan efektifitas belajar mengajar.

Kamaludin berharap para siswa yang belum melakukan pendaftaran segera mendaftar, karena hari ini merupakan batas akhir pendaftaran. “Saya berharap semua tetap mendaftarkan diri, baik yang berada di Kota Ternate, maupun Kabuaten Kota lainnya,” harapnya. (lfa/pur).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here