KOALISI KUBU PETAHANA DI HALBAR PECAH

0
465
Ilustrasi (Foto : Net)

HARIANHALMAHERA.COM–Koalisi partai politik (parpol) pengusung bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan wakil bupati (wabup) Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy-Imran Lolory (DAMAI) ternyata tidak solid.

Bagaimana tidak, jelang dibukanya pendaftaran calon bupati dan wakil bupati (wabup) Pilkada Halbar, beberapa partai yang awalnya mendukung balon petahana ini, mendadak mencabut dukungannya.

DAMAI yang sebelumnya didukung koalisi lima partai, kini hanya tersisa dua partai yakni PDIP dan PAN. Tiga parpol lainnya masing-masing PKS, Gerindra dan Hanura resmi keluar dari koalisi. Mereka mengalihkan rekomendasi ke bapaslon yang lain.

Belum diketahui pasti alasan ketiga partai tersebut memilih hengkang dari koalisi pendukung Petahana. Diduga kuat, perubahan arah dukungan politik itu menyusul adanya manuver dari dua bapaslon yakni Ahmad Zakir Mando-Pdt alpinus K Pay (Zaman-Pay) dan Denny Palar-Iksan Hi Husain (DESAIN).

PKS misalnya yang awalnya mendukung DAMAI, memutuskan mengalihkan rekomendasi ke (Zaman-PAY) yang didukung partai Golkar.  Bergabungnya PKS ke kubu Zaman-PAY dibenarkan sekretaris Golkar Halbar, Martens Marau. Dia menyebut, rekomendasi PKS ke Zaman-Pay sudah dalam bentuk form B1.KWK dengan nomor 236.8/SKEP/DPP-PKS/2020.

SK DPP PKS tertanggal 21 Agustus yang ditanda tangani Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman serta Sekjen Mustafa Kamal itu pun telah diterima secara resmi oleh Zakir di kantor DPP PKS di Jakarta.

“Jadi dengan dukungan PKS ini, Zakir-Pay sudah menenuhi syarat untuk mendaftar. Karena PKS memiliki satu kursi ditambah Golkar empat kursi,” katanya disela-sela konsultasi terkait persyaratan pencaftaran calon di kantor KPUD Halbar, kemarin (25/8)

Bahkan Martens mengaku tidak menutup kemungkinan, akan ada partai lagi yang bergabung ke Zaman-Pay. “Namun sementara belum bisa saya sampaikan. Nanti akan dibuka saat deklarasi dalam waktu dekat,” sebutnya.

Jika PKS mengalihkan rekomendasinya ke Zaman-Pay, tidak demikian dengan Gerindra dan Hanura. Dua parpol dengan total enam kursi itu resmi mengubah arah koalisi bersana-sama mengusung DESAIN di Pilkada Halbar.

Dukungan Hanura ke Denny Palar yang juga ketua DPC Hanura Halbar ini dibenarkan Hardi Hayyun, wakil ketua DPC Hanura Halbar yang juga juru bicara (jubir) DESAIN. “Yang pasti rekomendasi sucdah dikantongi. Nanti besok ada deklarasi sekaligus konfrensi pers akan kami buka,” kata Hardi diposko pemenang DESAIN di Desa Acango, Jailolo kemrin.

Bahkan, pihaknya sudah menyiapkan rencana penjemputan DESAIN yang akan tiba dari Jakarta dengan membawa rekom ketiga partai ini. Keduanya juga akan di arak keliling kota oleh massa dan simpatisannya.

“Kami suda meminta  izin kepada pihak  Kepolisian dan pihak kepolisian mengijinkan, tetapi para pendukung dan simpatisan agar di harapkan tertip dalam melakukan penjumputan,” pintanya

Sementara bergabungnya Gerinda ke DESAIN terlihat dari munculnya unggahan foto DESAIN yang tengah memegang rekomendasi Gerindra didampingi ketua Gerindra Malut, Sahril Tahir yang viral di sosial media (sosmed).

Sekretaris 1 DPC Gerindra Halbar Lon Abdul Gafur yang dikonfirmasi malam tadi membenarkan adanya pengalihan rekom Gerindra dari DAMAI ke DESAIN. Lon menegaskan, perubahan rekom itu sedianya sudah terjadi beberapa hari kemarin. Dari DPP meminta jangan dulu dipublikasi ke publik,” katanya.

Meski ditinggal ketiga parpol, bapaslon DAMAI masih tetap memenuhi syarat pencalonan karena mengantongi lima kursi masing-masing 4 kursi PDIP dan 1 kursi dari PAN.

Namun, Danny bisa bernasib seperti Petahana Halsel, Bahrain Kasuba jika PAN juga memutukan keluar dari koalisi. Namun, partai berlammbang matahri terbit itu menegaskan tetap setia dengan PDIP mendukung petahana. “Sampai hari ini DPD PAN Halbar masih tetap konsisten dengan pasangan Danny Missy-Imran Lolory sesuai keputusan DPP,” tegas Sekretaris PAN Halbar, Ashari Dano saat dikonfirmasi via whatsapp (WA) malam tadi.

Dari total sembilan parpol peraih kursi di DPRD Halbar, delapan diantaranya sudah mengeluarkan rekomendasi. Satu-satunya parpol yang belum menentukan sikap adalah PKB (partai kebangkitan bangsa).

Pada Pilkada 2015 lalu, partai pimpinan Muhaimin Iskandar ini bersama PDIP mendukung Danny-Zakir. Namun, rumor yang berkembang terakhir, di Pilkada 2020 ini, PKB diperkirakan akan mendukung bapaslon DESAIN mengingat Iksan yang kini menjabat wakil ketua DPRD Halbar adalah kader PKB. “Logo PKB juga sudah dipasang di baliho dan baliho DESAIN,” tukas Lon.(tr4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here