Sapi Kurban Sumbangan Jokowi Non-reaktif

0
487
Ilustrasi : (Foto : Net)

HARIANHALMAHERA.COM–Dinas Pertanian (Distan) melalui Bidang Peternakan Halmahera Barat (Halbar), telah memeriksa sapi jenis Limosin, yang merupakan sumbangan Presiden RI Joko Widodo untuk perayaan Idul Adha 10 Dzhuhijah 1441 Hijriah.

Sapi tersebut memiliki bobot seberat 870 Kilogram yang ditimbang. Rencanannya, hewan kurban tersebut bakal disembeli di Sidangoli, Kecamatan Jailolo Selatan.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Halbar, Victor Pitta, Rabu (29/7) mengungkapkan, satu ekor sapi pemberian Presiden Jokowi itu berada di Desa Sidodadi, Kecamatan Sahu Timur.

Menurut dia, sapi tersebut telah melalui serangkaian pemeriksaan oleh petugas, dan hasilnya dinyatakan non reaktif (negatif). Bahkan izinya telah diurus untuk selanjutnya diserahkan ke panitian kurban di Sidangoli.

Menurut Victor, setiap hewan, terutama hewan kurban harus melalui serangkaian pemeriksaan untuk memastikan hewan yang bakal disembelih dinyatakan bebas dari virus. Mengingat, asal mula virus korona berasal dari hewan, dan bisa tertular ke manusia maupun sebaliknya.

Selain itu, terdapat 200 jenis virus mematikan pada hewan yang memiliki tulang belakang. Termasuk bakteri. “Kalau untuk rapid test hewan ini berbeda dengan sisitem pemeriksaan pada manusia,” tambahnya.

Dia menjelaskan, pemeriksaanya melalui antermotem dan post mortem, atau pemeriksaan secara fisik dan setelah dipotong. Untuk pemeriksaan fisik, selain melalui tampilan juga melalui kotoran dan sampel darah.

Semuanya, kata dia, diperiksa melalui Laboratorium Balai Besar Veteriner di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, untuk memastikan hewan yang akan disembelih di tengah pandemi Covid-19 ini, aman dikonsumsi masyarakat.

Distan melalui Bidang Peternakan, lanjut dia, hingga saat ini belum dilibatkan melakukan pemeriksaan hewan kurban, terutama sumbangan Pemkab maupun instansi lain. Karena belum ada surat resmi atau penyampaian dari Dinas Sosial.

Dia juga memastikan, hingga saat ini untuk wilayah Halbar belum ada penyebran Covid-19, baik melalui hewan ternak maupun dari manusia ke hewan. (tr-4/Kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here