Dukono Kembali Semburkan Abu Vulkanik, Ketebalannya Hambat Pandangan

0
64
tampak semburan abu vulkanik dari gunung api Dukono Galela

HARIANHALMAHERA.COM– Aktivitas gunung api Dukono kembali menunjukan peningkatan. Kamis (17/11) sekira pukul 05.20 WIT telah menyemburkan abu vulkanik yang cukup tebal diatas langit Tobelo dan sekitarnya hingga membuat warga setempat terganggu.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dukono Galela, Iwan Amat, mengatakan bahwa semburan abu vulkanik yang tebal tersebut lantaran terjadinya letusan pada pukul 05.28.20 WIT dini hari, tetapi tidak terdengar dentuman hanya suara gemuru terdengar sedang dan tinggi asap diperkirakan 800 m condong ke arah Timur atau pusat Kota Tobelo sekitarnya.

“Semburan abu vulkanik mengarah ke timur, namun getarannya lemah sehingga kami minta agar masyarakat tetap waspada, karena saat ini cuaca tidak bersahabat di Halut,”katanya.

Iwan pun menghimbau masyarakat di kaki gunung agar tetap waspada terutama mereka yang hendak mendaki sedianya tidak mendekati ke kawah gunung api Dukono, karena semburan abu vulkanik terus terjadi

“Kami menghimbau agar masyarakat jangan mendekat ke kawah gunung, kita tetap waspada dengan adanya semburan abu vulkanik ini,”ujarnya.

“Dari hasil pantau pos gunung api Dukono saat ini, semburan abu vulkanik perlahan mulai habis, namun warga di minta untuk menggunakan masker ketika keluar rumah,”sambungnya.

Tebalnya semburan abu vulkanik tersebut membuat aktivitas warga terhambat, bahkan para pengendara roda dua maupun empat ikut terganggu.(sal/tr-05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here