Haji Robert Kerahkan Tim Kesmas PTNHM Tangani Kakek Penderita Benjolan

0
105
Tim Kesmas PTNHM saat melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Kakek Toar, warga Kao, sebelumnya dibawa ke RSUD Chasan Boesoiri Ternate

HARIANHALMAHERA.COM– Presiden Direktur (Presdir) sekaligus Owner (pemilik) PT Nusa Halmahera Minerals (NHM), Haji Romo Nityudo Wachjo, tak henti-hentinya memberikan sentuhan kasih sayang dan perhatian khusus terhadap warga tidak mampu yang menderita sakit berat, terutama mereka yang berada di lingkar tambang PTNHM. Sebab, ketika ada laporan orang sakit yang tidak mampu berobat langsung dikerahkan timnya baik itu Haji Robert Peduli (HRP) maupun tim Kesehatan Masyarakat (Kesmas) PTNHM untuk bergerak cepat melakukan pertolongan dengan membawa ke rumah sakit agar mendapatkan perawatan medis.

Kali ini, sosok dermawan yang sering disapa Haji Robert oleh warga itu kembali ulurkan tangan untuk menolong seorang kakek bernama Toar Manulong (69), yang menderita penyakit benjolan pada mulut dan rahan kiri. Warga asal Desa Kao, Kecamatan Kao, Kabupaten Halut itu akhirnya mendapat penanganan langsung dri tim Kesmas PTNHM.

Tim Kesmas PTNHM saat menjemput kakek Toar Manulong (69) untuk berobat secara medis setelah diarahkan Haji Robert, Presdir PTNHM

Saat ini Opa Toar, sudah jalani perawatan medis di rumah sakit umum daerah (RSUD) Chasan Boesoirie dan mendapatkan pengawasan serta kontral kesehatan oleh tim HRP Kota Ternate.

Koordinator Covid-19 PTNHM juga Koordinator lapangan Departemen Occupation Health end Safeti (OHS), Septian T. Sam, mengatakan, bahwa sebelum dilakukan penanganan oleh tim Kesmas PTNHM, pihaknya mendapatkan informasi pada tanggal 26 september 2022 dari warga setempat bahwa ada warga Kao yang menderita sakit tetapi tidak mampu berobat secara medis sehingga ditindaklanjut oleh tim dokter dan perawat dari tim Kesmas OHS PTNHM saat itu juga.

“Berdasarkan anamnesis Tim Kesmas OHS terhadap pasien, dimana di bagian mulut mulut dan rahang kiri pasien terdapat benjoal serta luka ulseratif. Pasien juga mengeluh rasa nyeri pada perabaan, karena benjolan tidak bisa di gerakan dan konsistensi keras. Pasien mengaku kalau penyakit yang dialami tersebut sudah berlangsung selama 5 bulan lalu, sehingga dokter pun sarankan untuk segera di rujuk ke rumah sakit agar dapat  ditangani secara maksimal oleh dokter spesial gigi dan mulut,”katanya saat dihubungi kamis (29/9).

Setelah dapat hasil pemeriksaan dari tim Dokter menurut Septian, pihaknya pun berkoordinasi dengan tim Social Performance (SP) PTNHM, Irwan Malaka untuk melakukan penanganan pasien. Sebab, sebelumnya pasien sudah pernah berobat ke RSUD Tobelo, tepatnya di Poli Gigi dan mendapatkan perawatan akan tetapi dokter sempat sarankan untuk di rujuk sejak tanggal 1 Agustus 22 lalu, namun keterbatasan biaya sehingga pasien tidak melanjutkan pemeriksaan.

“Setelah dapat arahan, tim Kesmas OHS bersama SP PTNHM gerak cepat melakukan penanganan dimulai dari melengkapi dokumen pasien untuk di tindaklanjuti rujukannya, dan pada tanggal 28 september 2022 Tim Kesmas OHS lanjutkan koordinasi dengan Koordinator Tim HRP Kota Ternate, Munir Radjabessy untuk persiapan rujukan,”ujarnya.

Hasil koordinasi dan kolaborasi Tim lanjut Septian, akhirnya pada hari itu juga (28/9/2022) pasien di rujuk ke Ternate dan tiba dengan selamat kemudian diserah terimakan ke tim HRP Ternate.

“Alhamdullilah semua proses pengananan perjalan lancar dan saat ini pasien sudah dalam tahap menjalani perawatan medis di RSUD Chasan Boesoiri Ternate dibawa pengawasan oleh tim HRP Kota Ternate,”pungkasnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here