Hanya Dipimpin 3 Anggota PPK, Pleno Rekapitulasi Suara Kecamatan Tobelo Dilanjutkan

0
417
DITUNDA: Suasana di lokasi pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara PPK Tobelo, di kantor kecamatan Tobelo, Sabtu (12/12).(foto: Sandro Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM— Pleno rekapitulasi suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Halut untuk Kecamatan Tobelo, akhirnya dilanjutkan tanpa kehadiran dua personil PPK Tobelo, termasuk Ketua PPK Tobelo.

Hal itu ditegaskan Komisioner KPU Halut, Sefriando Bitakono. Menurutnya, dua personil PPK Tobelo sampai saat ini sementara diamankan di Polres Halut. Namun, pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi akan tetap dilanjutkan tanpa kehadiran kedua personil itu.

“Tiga personil PPK itu layak untuk dapat melanjutkan pleno di Kecamatan Tobelo,” terang Sefriando.

BACA JUGA: 2 Personil PPK Tobelo Diamankan Sementara di Polres, Pleno Rekapitulasi Ditunda

Selain itu, dia juga meminta maaf atas kejadian yang terjadi semalam yang dilakukan salah seroang oknum PPK Tobelo yang sementara ini sudah diamankan.

“Kami juga meminta maaf atas insiden semalam,” singkat Sefriando, tanpa menjelaskan detil apa yang dilakukan oknum PPK sehingga yang bersangkutan diamankan di Polres Halut.

BACA JUGA: Hindari Prasangka Negatif Publik, Bawaslu Halut Minta Ruang Kerja PPK Terpisah dari Gudang Logistik

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, rapat pleno rekapitulasi PPK Tobelo sempat diprotes salah satu saksi pendukung pasangan calon. Pasalnya, saksi melihat oknum PPK Tobelo mengakses ruang penyimpanan kotak suara pada pukul 03.00 WIT dinihari.

Belum diketahui apa yang dilakukan oknum PPK tersebut. Sampai saat ini, PPK Tobelo maupun KPU Halut belum menjelaskan secara detil kronologi peristiwa yang terjadi, hingga dilakukan penundaan rapat rekapitulasi. Hanya saja, saksi salah satu pasangan calon curiga akan kemungkinan terjadinya kecurangan.(san/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here