Kodim 1508/Tobelo Peringati Hari Kesaktian Pancasila

0
87
Dandim 1508/Tobelo saat pimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila

HARIANHALMAHERA.COM– Kodim 1508/Tobelo ikut memperingati hari Kesaktikan Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 oktober. Kali ini, tepatnya hari sabtu (1/10), Kodim Tobelo mewarnai momentum bersejarah itu dengan melaksanakan upacara kenaikan bendara yang berlangsung di lapangan Makodim 1508/Tobelo, Jln. Kawasan Pemerintahan, Desa MKCM, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara.

Dalam upacara tersebut, Komandan Kodim (Dandim) 1508/Tobelo, Letkol Inf. Davit Sutrisno Sirait, S.E pun bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup). Sementara, Kapten Inf. Rehan Pramasputra, bertindak sebagai perwira upaca dan komandan upacara, Kapten Inf. Abd Hadji Talaohu.

Dandim 1508/Tobelo, Letkol Inf. Davit Sutrisno Sirait, mengatakan, pelaksanaan upacara tersebut sebagai perwujudan selaku anak bangsa yang menyadari bahwasanya pada tahun 1965 silam terjadi peristiwa nasional dimana ada upaya-upaya untuk mengubah ideologi Pancasila.

“Pancasila merupakan ideologi final bangsa Indonesia dan tidak bisa lagi ditawar dan tak terpisahkan dari bangsa Indonesia. Untuk itu, saya berharap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, seperti kerja keras maupun gotong royong, dapat diterapkan masyarakat,”katanya.

Dandim Tobelo pun berharap pada masyarakat, terlebih pada kalangan muda untuk tetap menjaga, menerapkan dan tidak meragukan dasar negara, ideologi bangsa yakni Pancasila.

“Kultur Indonesia santun, toleransi, agamais. Kita harap kalangan muda tidak dapat dengan mudah terpengaruh sehingga kultur yang telah baik itu tidak terkikis. Saya harap masyarakat khususnya kalangan muda agar tetap menanamkan karakter Pancasila,”ucapnya.(wyu/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here