Mahasiswa Terdampak Covid-19 Terima “BLT”

1
541
Kepala BPBD Halut, Abner Manery

HARIANHALMAHERA.COM–Selain menyalurkan bantuan berupa sembako terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19, Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) juga mengalokasikan dana ratusan juta dalam APBD tahun 2020, untuk bantuan dana tunai terhadap mahasiswa putra-putri daerah, yang ikut terdampak Covid-19.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halut, Abner Manery, Rabu (12/8), mengatakan bantuan dana untuk mahasiswa asal Halut tersebut sebenarnya sudah disalurkan tahap pertama.

Dimana, kata Abner, dari mahasiswa yang terdata sebanyak 417 orang, baru direalisasikan ke 300 orang mahasiswa.”Sisanya 117 orang itu sebenarnya terima bersamaan, tapi terkendala rekening sehingga dicarikan menyusul,” ujarnya.

Dana tunai tersebut, kata dia, sudah ditransfer langsung ke rekening masing-masing mahasiswa dengan besaran dana yang diterima Rp750 ribu per – mahasiswa.

”Bantuan dana untuk mahasiswa terdampak ini diupayakan berkelanjutan selama masih berlangsungnya pandemi Covid-19,” katanya.

Terkait jumah keseluruhan mahasiswa asal Halut, menurut dia, lebih dari empat ratusan orang atau dari angka yang sudah menerima dana tersebut.”Jumlah mahasiswa Halut sebenarnya sangat banyak, tapi yang terdata baru itu sehingga kami akan data lagi dan berikan bantuan di tahap kedua nanti,” terangnya.

Informasi sementara, kata Abner, soal jumlah mahasiswa yang berhasil di data berkisar 490 orang. Mereka akan menerima bantuan dana tersebut pada tahap kedua dalam waktu dekat.

”Mahasiswa yang namanya belum tercatat pada gelombang pertama saat ini dananya dalam proses di Dinas Keuangan Daerah. Kami juga imbau agar nomor rekening yang masih bermasalah segera urus di Balitbang dan Statistik Halut,” imbaunya.

Dia menambahkan, pemberian dana oleh Pemda Halut ini bertujuan meringankan beban biaya mereka, termasuk mengurangi beban orang tua yang kesulitan akibat pandemi Covid-19 ini.”Kami berharap bantuan ini dipakai untuk kebutuhan mereka di kampus atau biayai hidup sehari-hari,” tuturnya.(dit/Kho)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here