Perombakan Kabinet di Ujung Pena

BKD Sebut Hasil Ujian Kompetensi Sudah di Meja Bupati

0
135
Efraim Oni Hendrik

HARIANHALMAHERA.COM–Rotasi pejabat pada organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Halmahera Utara yang sempat diwacanakan oleh staf khusus Bupati Halut maupuan pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat bahwa akan dilakukan akhir bulan maret 2022 ternyata belum terbukti. Namun, bukan berarti reshuffle (pergantian) kabinet pemerintahan FM-Mantap (Frans Manery-Muchlis Tapi-Tapi) batal direalisasi tetapi justeru akan terjadi lantaran hasil ujian kompetensi sudah di meja Bupati.

Penundaan rolling pejabat tersebut berdasarkan informasi yang diterima dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Halut bahwa hasil ujian kompetensi oleh sejumlah ASN Pemkab Halut baru selesai di akhir bulan maret ini sehingga berdampak pada rencana reshuffle tersebut. Namun, hasil ujiannya disebut pihak BKD bahwa sudah di atas meja Bupati Halut, yang artinya hanya tinggal menunggu di teken dengan pena, karena dokumen ujian telah diserahkan oleh BKD beberapa hari lalu,

Kepala BKD Halut, Efraim Oni Hendri, pun menuturkan bahwa pihaknya sudah menyerahkan nilai ujian kompetensi ke Bupati Halut, namun untuk pelaksanaan rolling jabatan di lingkup Pemkab Halut tentunya hak prerogatif pimpinan daerah, yakni Bupati dan Wabup yang menentukan.

“Ujian kompetensi baru selesai dan kami pun sudah serahkan semua nilai  atau hasi ujiannya ke Bupati, jadi kita tinggal menunggu hasil rembuk dari kedua pimpinan daerah seperti apa dan selanjutnya akan tindaklanjuti,”kata minggu (3/4).

Menurutnya, BKD hanya menjalankan tugas sebagaimana diperintahkan aturan dan tentunya tidak berwewenang untuk menetapkan jadwal rolling maupun hal-hal yang berkaitan dengan rolling, karena ranah itu adalah kepala daerah.

“Yang pastinya kami sudah menyerahkan hasil uji kompetensi yang menilai hasil tersebut ya Bupati dan Wabup, jadi siapa yang menjadi Kadis di lingkup Pemkab Halut ya kembali ke pimpinan daerah yang menentukan,”ujarnya.

Setelah dilakukan pelantikan lanjut kepala BKD Halut, pihaknya kemungkinan akan lanjut melaksanakan assessment untuk promosi jabatan yang kosong di lingkup Pemkab Halut, karena sampai saat ini masih ada beberapa Dinas di jabat oleh Pj. “Kita akan melakukan asesmen tapi setelah dilakukan pelantikan uji kompetensi selesai, untuk waktu pelaksanaan kita belum bisa pastikan,”ungkapnya.(cw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here