Tinggalkan Tungku Menyala, Saat Pulang, Rumah Terbakar

0
580
LALAI: Api yang membakar sebagian rumah milik Awensi Santiago, warga Desa Wosia, malam tadi sekira pukul 19.30 WIT. (foto: ardi/harianhalmahera)

HARIANHALMAHERA.COM— “Jika keluar rumah, tolong periksa dulu.” Kata-kata peringatan itu terlalu sering disosialisasikan. Ini untuk menjaga kemungkinan buruk. Seperti pencurian atau kebakaran.

Namun,  Awensi Santiago (59), warga Desa Wosia, Kecamatan Tobelo, rupanya lalai. Dia pun harus menanggung akibatnya. Api melahap rumahnya.

Untungnya dilihat tetangga. Upaya pemadaman pun dilakukan, sembari menunggu kedatangan petugas pemadam kebakaran (Damkar) Pemkab Halut. Beruntung, tidak semua bagian rumah terbakar. Sebagian besar area dapur.

“Saya baru mau mandi. Kaget melihat nyala api yang besar. Tidak jadi mandi, saya langsung ke sumber api. Ternyata rumah terbakar,” kata Anace Makiko, warga Desa Wosia.

“Kalau saya saat itu kebetulan bersama beberapa orang lewat di depan rumah korban. Lihat kebakaran langsung turut membantu,” sambung Yongki Tindage, warga yang sama.

Sampai berita ini diturunkan, korban belum dapat diwawancarai. Namun, informasi yang diperoleh dari tempat kejadian, kebakaran terjadi sekira pukul 19.30 WIT itu, akibat kelalaian. Pemilik rumah meninggalkan tungku memasak air yang masih menyala.

Demikian juga kepolisian, masih melakukan penyelidikan, penyebab pasti dan kerugian yang diakibatkan musibah kebakaran itu.(dit/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here