Benarkah Sunat Percepat Pertumbuhan Tinggi Badan?

0
981
SECARA tidak sadar, anak yang telah sunat biasanya menunjukkan perubahan khususnya dari segi fisik. Terutama pertumbuhan tinggi badannya. Tidak hanya itu, psikis pun berubah dari manja menjadi lebih dewasa dan mandiri. Tak heran, banyak yang beranggapan bahwa sunat mempercepat pertumbuhan fisik pada anak. Bagaimana faktanya? "Biasanya kalau sunat itu menjelang pre pubertas. Itu tuh sebelum pubertas ada yang namanya percepatan pertumbuhan," sebut spesialis anak konsultan tumbuh kembang dari RS Pondok Indah, dr Catharine M Sambo, SpA(K), dikutip dari detikHealth. "Sering kan kalau anak disunat umur SD ya, terus nggak lama dia pubertas. Jadi salah satu mitos bahwa sunat mempercepat pertumbuhan fisik," sambungnya. dr May menambahkan adanya perubahan fisik pada anak memang bisa jadi karena kebetulan masa pre pubertas anak dan ketika dia sunat berdekatan. Sehingga anak jadi terlihat langsung dewasa atau bertumbuh pesat. "Pas kebetulan waktunya mirip jadi bukan karena disunat anak jadi terlihat langsung dewasa atau bertumbuh pesat. Kalau anak kecil kan disunat nggak lantas langsung jadi besar kan," tutupnya.(dtc/fir)

HARIANHALMAHERA.COM– Secara tidak sadar, anak yang telah sunat biasanya menunjukkan perubahan khususnya dari segi fisik. Terutama pertumbuhan tinggi badannya. Tidak hanya itu, psikis pun berubah dari manja menjadi lebih dewasa dan mandiri.

Tak heran, banyak yang beranggapan bahwa sunat mempercepat pertumbuhan fisik pada anak. Bagaimana faktanya?

“Biasanya kalau sunat itu menjelang pre pubertas. Itu tuh sebelum pubertas ada yang namanya percepatan pertumbuhan,” sebut spesialis anak konsultan tumbuh kembang dari RS Pondok Indah, dr Catharine M Sambo, SpA(K), dikutip dari detikHealth.

“Sering kan kalau anak disunat umur SD ya, terus nggak lama dia pubertas. Jadi salah satu mitos bahwa sunat mempercepat pertumbuhan fisik,” sambungnya.

dr May menambahkan adanya perubahan fisik pada anak memang bisa jadi karena kebetulan masa pre pubertas anak dan ketika dia sunat berdekatan. Sehingga anak jadi terlihat langsung dewasa atau bertumbuh pesat.

“Pas kebetulan waktunya mirip jadi bukan karena disunat anak jadi terlihat langsung dewasa atau bertumbuh pesat. Kalau anak kecil kan disunat nggak lantas langsung jadi besar kan,” tutupnya.(dtc/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here