Pil KB Bikin Gemuk, Benarkah?

0
690
ILUSTRASI pil KB. (foto: net)

HARIANHALMAHERA.COM– Setiap wanita pasti punya program kehamilan melalui pemakaian alat-alat kontrasepsi (KB). Namun, sebagian besar menghindari penggunaan pil. Banyak lebih memilih menggunakan spiral atau suntik. Kabarnya, pil KB bikin cepat gemuk.

Melansir laman webMD, sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan jika pil KB bisa mempengaruhi berat badan perempuan. Pil KB sendiri, umumnya ini terdiri dari dua macam. Pil KB dengan kandungan estrogen dan progestin, kemudian pil KB dengan kandungan progestin atau sintesis hormon progesteron saja.

Kedua kandungan di atas biasanya akan membuat perempuan mengalami peningkatan nafsu makan. Saat nafsu makan meningkat, tentunya asupan makanan juga akan meningkat. Inilah yang kemudian membuat berat badan naik. Bukan semata-mata karena pil KB tetapi lebih karena konsumsi makanan yang meningkat.

Beberapa perempuan mungkin juga akan mengalami retensi cairan saat mengonsumsi pil KB. Memang disarankan untuk memilih pil KB dengan dosis rendah dan mengandung progesteron tertentu yang mengandung anti mineral. Ini bisa mencegah penumpukan air dan garam dalam tubuh yang membuat tubuh terasa lebih berat serta gemuk.

Untuk mencegah kegemukan selama mengonsumsi pil KB, harus memperhatikan pola makan dan pola tidur. Imbangi dengan olahraga dan istirahat cukup, agar berat badan senantiasa ideal.(fmc/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here