Puasa Bisa Bikin Awet Muda, Benarkah?

0
474
ILUSTRASI puasa bikin awet muda. (foto: net)

HARIANHALMAHERA.COM– Penelitian medis sudah membuktikan, bahwa banyak manfaat yang bisa didapat dari menjalankan ibadah puasa. Seperti detoksifikasi, menurunkan inflamasi atau radang dan melawan obesitas. Bahkan, ada yangmeyakini puasa dapat membuat seseorang awet muda. Benarkah?

“Berdasarkan penelitian, dalam kondisi kita puasa atau mengurangi makan dan minum lebih dari 13 jam, maka sel-sel kita melakukan proses pembersihan. Karena kalau tidak ada jeda makan dan minum pembersihan justru tidak berjalan optimal. Justru membuat sel menjadi loyo,” ujar ahli gizi Prof. Hardinsyah, selaku Ketua PERGIZI Pangan Indonesia, melansir minews.id.

Saat tubuh kekurangan makanan, maka ada sistem di tubuh kita yang melakukan efisiensi. Dimakan sendiri oleh tubuh, itu disebut degan autophagy. Saat itu sel-sel dan zat beracun itu akan pecah menjadi komponen asli zat gizi, asam amino, vitamin, dan mineral. Itu digunakan sebagai tambahan gizi ketika berpuasa.

Setelah pembersihan, munculah sel-sel baru. Hal inilah yang bisa membuat awet muda. Tren puasa untuk kesehatan tubuh yang diberi nama fasting diet ini bahkan dilakukan oleh mereka di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Eropa.

“Tentunya dengan pola yang berbeda. Kalau orang Amerika atau Eropa jangka waktunya tertentu seperti dua kali dalam seminggu. Atau sehari puasa sehari tidak selama seminggu,” katanya.(mid/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here