3 Hari Lagi, CJH Malut Masuk Asrama Haji

PPIHD Masih Tunggu Kiriman 96 Koper CJH

0
66
Koper (sahara) milik CJH yang ditampung di Asrama Haji Transit, Kelurahan Ngade Ternate

HARIANHALMAHERA.COM–Pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Maluku Utara (Malut) ke tanah tinggal menghitung hari.

Sesuai jadwal, Kamis (23) para CJH akan mulai masuk ke Asrama Haji Transit di Ngade Ternate. Ada tiga wisma yang akan ditempati CJH yang sudah dibagi sesuai dengan kapasitas kamar.

Wisma Zam-Zam akan ditempati CJH Kota Ternate, Wisma Musdalifah ditempati CJH Kepulauan Sula dan Taliabu serta Wisma Mina ditempati CJH Tikep, Sula, Halbar, Haltim, Halteng dan Pulau Morotai.

”Pihak Arsama juga telah menyiapkan fasilitas tempat makan yang disesuaikan dengan protokol kesehatan sehingga tidak terjadi kerumunan,” terang Koordinator Bidang Akomodasi dan Konsumsi PPIHD, Tahmid Abubakar.

PPIHD juga sudah berkoordinasi dengan pihak Asrama untuk menyiapkan layanan kesehatan (poliklinik) di tiga ruangan. Dari ketiga ruangan tersebut, dua ruang digunakan karantina dan 1 ruang untuk pemeriksaan ibu hamil.

PPIHD juga menyiapkan ruang kerja dokter dan ruang perawat serta ruang pemeriksaan kasehatan jika ada yang sakit dengan gejala ringan. Beberapa ruang pun telah dufoging sehingga semua fasilitas yang ada di asrama haji Ngade Ternate steril dan siap ditempati CJH.

”Kami juga menyiapkan sarana untuk ditempati petugas dan panitia yang dipersiapkan untuk ke Arab Saudi dan telah dibagi sesuai dengan jumlah dan porsi serta juga disiapkan untuk panitia yang bertugas selama 5 hari melayani jemaah calon haji sebelum ke Embarkasi Makassar,” pungkasnya

Sementara itu, PPIHD  masih menanti pengiriman koper (sahara) milik CJH dari kabupaten/kota. Hingga malam tadi, sudah terkumpul 384 koper CJH di Asrama Haji transit Ngade, dari total CJH Malut tahun ini sebanyak 489 orang. Itu artinya masih ada 96 koper yang belum diterima PPIHD.

Jumlah itu terdiri dari Kota Tikep 53 koper dan sisa koper CJH asal Ternate sebanyak 43 pcs dari yang sudah diterima sebanyak 78 pcs. Untuk daerah lainnya sudah lngkap. “Kota Tidore rencananya akan diserahkan ke panitia pada hari senin besok (hari ini, red),” ucap Anggota Seksi Transportasi dan Angkutan Barang/Barang Ceceran, H. Ibrahim Abubakar

Koper yang sudah masuk ke PPIHD antara lain Halsel 92 pcs, Halut 43 pcs, Haltim 28 pcs, Halteng 29 pcs, Pulau Taliabu 18 pcs, Pulau Morotai 21 pcs, Halbar 32 pcs dan Kepulauan Sula 51 koli.

Koordinator Bidang Akomodasi dan Konsumsi PPIHD, Tahmid Abubakar menuturkan para CJH tidak perlu khawatir dengan barang bawaanya, sebab semua Sahara dikawal security dan dipantau langsung bagian penanggungjwab lapangan barang ceceran.

Setelah semua sahara terkumpul, oleh PPIHD Malut akan dipasangi label sesuai dengan regu dan rombongan serta flight. “Setelah pelebelan maka proses pengiriman ke Bandara menjadi tanggugjawab sepenuhnya PPIHD Maluku Utara,” Kata Tahmid.

Pengiriman koper ke Bandara Sultan Babullah Ternate mulai tanggal 23 dan 24 Juni 2022 yang selanjutnya akan diterbangkan menuju asrama haji Sudiang Makassar.(lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here