JOKOWI BATAL KE MALUT

Menag dan 18 Gubernur/Wagub Bakal Hadiri Pembukaan STQN

0
319
Presiden RI, Joko Widodo saat berpidato pada sidang MPR (Foto : Net)

HARIANHALMAHERA.COM–Impian Gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK) melihat persemian Masjid Raya Sofifi Shaful Khairaat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus membuka seleksi tilwatil quran nasional (STQN) ke XXVI di Sofifi, pupus.

Mantan Wali Kota Solo Jawa Tengah (Jateng) itu dipastikan batal datang ke Maluku Utara. Belum diketahui alasan batalnya kunjungan mantan Gubernur DKI Jakarta itu ke Malut. Sebab, tidak ada penjelasan dari pihak istana negara.

Bahkan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’fur Amin yang dijanjikan pihak istana akan menggantikan Jokowi pun juga batal datang.  Wapres justeru diagendakan akan menutup pesta Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di Papua pada Jumat (15/10) mendatang, Karenanya, dua agenda tersebut akan dilakukan langsung Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Batalnya kunjungan Presiden dan Wapres ini juga dapat dilihat dari tidak adanya rapat antara pemda di daerah dengan tim advance kepresidenan. Padahal, tim advance biasanya sudah jauh-jauh hari datang melakukan persiapan di lapangan.

Tidak hanya itu, dari daftar daftar nama pejabat yang datang ke Malut sebagaimana yang disampaikan kepala biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Rahwan K Suamba pun tidak tercantum nama Presiden dan Wapres.

Dalam  konfrensi pers di Media Center Selasa (12/10), Rahwan mengatakan Menag sendiri dijadwalkan akan tiba di Ternate pada 16 Oktober 2021. “Pak menteri agama sudah terkonfirmasi hadiri kegiatan STQ,”katanya.

Selain menteri Menag, ada 18 Gubernur dan Wagub juga sudah sudah dikonfirmasi akan menghadiri pembukaan STQN XXVI di Sofifi .

Mereka adalah Gubernur Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Sulawesi Barat (Sulbar), Jambi, Jawa Timur (Jatim), Sumatera Barat (Sumbar), Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulawesi Tengah (Sulteng), Jawa Tengah (Jateng), wagub Jawa Barat (Jabar), Wagub Kalimantan Timur (Kaltim), wagub Kalimantan Barat (Kalbar), Wagub Gorontalo, Wagub Papua Barat, Wagub Kalimantan Tengah (Kalteng), Wagub Bangka Belitung (Wagub) dan wagub Sumatera Barat (Sumbar).

Sementara peserta yang sudah terdaftar sampai saat ini sudah ada dari 34 provinsi sebanyak 1.652 orang. Asisten III Setda Malut, Asrul Gailea disela-mengatakan, seluruh kafilah yang datang akan diinapkan di Hotel Dragon Ternate.  Mereka baru akan digeser ke Sofifi pada 13 Oktober, atau tiga hari sebelum hari pembukaan.

Panitia sendiri menyiapkan lima tempat sebagai venue lomba, diantaranya, aula Sultan Nuku Kantor Gubernur Malut, ruang rapat paripurna gedung DPRD Provinsi Malut, aula kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (dikbud) dan Aula Kantor Dinas PUPR.

Sementara itu, setelah mendapat srotan dari kalangan DPRD Provinsi Maluku Utara, sejumlah pengusaha tambang di Malut pun rame-rame memberikan dukungan kepada Pemerintah Provinsi Malut dalam menunjang pelaksanaan STQN XXVI.

Peneyrahan bantuan itu disampaikan langsung kepada Pemprov di sela-sela upacara perngatan HUT provinsi Malut ke-22 di halaman kantor Gubernur, Selasa (12/10) dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur, Forkopimda Malut, Ketua DPRD Malut, Kuntu Daud, Pimpinan SKPD Malut dan tamu undangan lainnya.

Adapun bantuan yang diterima ini masing-masing 5 unit bus oleh PT. Wanitiara Persada, 5 unit mini bus inova dari PT. Antam, 10 unit mobil jenes dari PT Harita Grup, 5 unit bus mediam dari PT. IWIP dan 20 unit toilet portable dari Halmahera Succes Mining. (lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here