Kajian Sofifi Belum Sampai Ke Presiden

0
107
Pusat Kota Sofifi (Foto : istomewa)

HARIANHALMAHERA.COM–Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah menaruh perhatian penuh terkait percepatan pembangunan infrastruktur di ibu Kota Provinsi Maluku Utara (Malut), di Sofifi.  Namun, untuk status Sofifi sendiri, Jokowi belum memberikan kepastian.

Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Maluku Utara (Malut) yang seyogyanya diharapkan bisa memberikan angin segar terkait status Sofifi, ternyata jauh dari harapan.

Disela-sela persemian UMKM Mart di Sofifi kemarin, Orang nomor satu di Indonesia itu tidak memberikan jawaban pasti mengenai status Sofifi yang oleh Pemprov diusulkan menjadi daerah otonom baru (DOB).

BACA JUGA : Status Sofifi Harus Tuntas di Era Jokowi

Jokowi mengaku, sampai saat ini dirinya belum menerima hasil kajian dari Kementrian dalam Negeri (Kemendagri)

Presiden mengatakan soal status Sofifi ini, perlu ada pembicaraan segitiga antara antara  Gubernur, Mendagri dan Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep). Bagi Presiden dalam pembicaraan itu, semuanya harus dihitung dan dipertimbangkan secara hati-hati.

“Nanti ini kan pembicaraan antara pak Gubernur, Kemendagri, Kota Tidore, ini harus skop semuanya jangan sampai pengelolaan kota pemerintahan sudah berarti pengelolahannya siapa? apakah kota Tidore atau ini  jadi  Kota Madya sendiri, hitunganya harus betul – betul hati – hati.” ungkap Presiden.

Inipula lah yang saat ini masih dikaji tim dari Kemendagri. “Yang dikajih apanya  saya belum tau karena sampai sekarang kajiannya belum sampai ke meja saya,” ucap Jokowi.

Terlepas dari itu, Presiden memastikan pemerintah akan memacu percepatan

pembangunan di Kota baru Sofifi. Dia mengakui, ada beberapa  infrastruktur yang masih perlu di back up oleh  pemerintah pusat, seperti Pelabuhan, dan Bandara.

Presiden menuturkan pemerintah akan mencari skema investasi pembangunan Sofifi. “Tadi saya juga  sudah diskusikan banyak dengan pak Gub, nanti skemnya yang mau kita carikan nanti segera saya infokan kalau  suda ketemu,” katanya

Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan Sofifi kedepan akan menjadi pusat pertumbuan provinsi Malut kedepan. “Kota Sofifi menjadi pusat pemerintaha provinsi Maluku Utara dan dinas-dinas sudah pindah ke sini, ini juga akan menjadi titik pertumbuhan baru kedeoan” tukasnya.(lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here