Morotai Masuk Opsi Lokasi RS Khusus Virus Menular

0
687
Monumen Trikora yang berada di Desa Wawama, Kecamatan Morotai Selatan (Morsel). FOTO ISTIMEWA

HARIANHALMAHERA.COM – Pemerintah saat ini mulai mencari lokasi-lokasi strategis yang dianggap memenuhi syarat untuk dibangun Rumah Sakit (RS) khusus untuk Penyakit Menular.
Nah, salah satu lokasi yang masuk daftar calon lokasi RS khusus ini adalah Pulau Morotai. Daerah berjuluk Bumi Moro itu dijadikan opsi karena letaknya ada di kawasan terluar Indonesia, sebagaimana syarat untuk dibangunnya RS khusus ini.
Masuknya nama Morotai ini diungkapkan langsung Menteri Koordinator Bidang Hukum Politik dan Keamanan, Mahfud MD. Mantan Ketua MK (Mahkamah Konstitusi) itu selain Morotai, ada beberapa pulau yang jadi pilihan pemerintah untuk dijadikan lokasi isolasi warga terinfeksi virus mematikan.
“Banyak opsi daerahnya dimana saja, misalnya Natuna sendiri adalah opsi, Sangihe Talaud opsi, Morotai juga opsi. Banyaklah, ada atau 7 opsi yang disebut tapi kita belum putuskan, ini kan untuk jangka panjang,” kata Mahfud di Banjarmasin, Jumat (7/2) malam.
Mahfud juga mengungkapkan, selain tiga pulau tersebut ada opsi lain yaitu pulau-pulau yang tidak berpenghuni. Hanya saja, pulau yang tidak berpenghuni di Indonesia dianggap tidak memenuhi syarat sebagai lokasi isolasi. “Kita bikin di pulau biasa karena persyaratannya harus dekat bandara, harus ada pangkalan militer untuk evakuasi segera dengan cepat, nanti di pulau yang sudah ada penduduknya tetapi diatur jaraknya dengan pemukiman,” tukas Mahfud sebagaimana yang dilansir tribunews.com. (trb/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here