Pengurus IK-SMT Malut Bakal Dilantik Gubernur

0
124
Pengurus Ikatan Keluarga Sulabesi Mangole dan Taliabu (IK-SMT) Provinsi Maluku Utara,

HARIANHALMAHERA.COM– Setelah sukses bentuk pengurus Ikatan Keluarga Sulabesi Mangole dan Taliabu (IK-SMT) Provinsi Maluku Utara, rencananya pada hari rabu (23/3) nanti akan digelar pelantikan pengurus yang dipusatkan di gedung Duafa Center Kota Ternate. Pengukuhan ini bakal dipimpina langsung oleh Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba, Lc.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Malut, Rahwan K Suamba, membenarkan bahwa orang nomor satu Malut tersebut dijadwalkan melantik pengurus IK-SMT Provinsi Malut.

“Iya Insya Allah, Pak Gubernur yang hadir untuk lantik pengurus IK -SMT Malut,”katanya, minggu (20/3).

Sebelumya Ketua IK-SMT Malut, Jailan Suamole mengkisahkan, IK -SMT Malut ini baru terbentuk di Malut dan dirinya diipercayakan sebagai ketua sementara Mustamin Anwar Masuku sebagai sekretarisnya.

“Kami warga Sula Mangole dan Taliabu selama ini punya paguyuban masih di tingkat Kabupaten/Kota masing-masing tapi dengan IK -SMT ini menjadi wadah besar untuk orang Mangole Sula dan Taliabu,”ujarnya.

Tujuan dibentuknya IK-SMT menurutnya, untuk menghimpun keluarga Sula Mangole dan Taliabu yang berada di Maluku Utara.

“Jadi nanti dibuat perwakilan di semua Kabupaten/Kota yang ada di Maluku Utara,”ujarnya.

Sementara ketua Dewan Sesepuh IK-SMT Malut, Ramli Umanailo menambahkan, organisasi ini dibentuk untuk menggerakan seluruh potensi orang Sula, Mangole dan Taliabu di Malut baik di tingkat provinsi maupun di seluruh Kabupaten/Kota yang ada.

“Dimana seluruh aspek kegiatan sosial kemasyarakatan, Pendidikan dan ekonomi hingga hal-hal lain terkait politik akan dikembangkan lewat wadah ini. Selama ini masyarakat Sula Magole dan Taliabu tidak mendapat bagian dalam pemerintahan, olehnya lewat IK-SMT dapat diatasi problem yang dihadapi,”pungkasnya.

Senada disampaikan wakil penasehat IK-SMT Malut, Aburahman Drakel, bahwa SDM Sulabesi Mangole dan Taliabu selama ini belum tertata rapi.

“Kami dari penasehat tugasnya untuk membina dari kehidupan ekonomi, pertahanan keamanan sosial dan sebagainya,”tandasnya

Ketua panitia, Buhari Umasugi menuturkan,  prosesi pelantikan nanti selain Gubernur Malut juga akan dihadiril Bupati Kepulauan Sula, Bupati Taliabu beserta Forkompimda Taliabu dan Walikota Ternate M. Tauhid Solemen.

“Harapannya IK-SMT dapat bergerak melaksanakan visi-Misi untuk Maluku Utara,”tuturnya.(lfa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here