Presiden Jokowi Instruksi Bangun Jalan Daerah, Termasuk Dua Ruas Di Malut

0
250
Kondisi ruas jalan di lintasan Bukit Senyum, rute Jailolo - Sidangoli, Kabupaten Halmahera Barat. Foto: Suparman Pawa/Harian Halmahera

HARIANHALMAHERA.COM– Kerusakan ruas jalan di sejumlah daerah yang tak kunjung di peribaiki ternyata membuat resah presiden Joko Widodo. Orang nomor satu RI ini akhirnya menginstruksikan seluruh pemerintah daerah melalui Inpres (instruksi presiden) sebagai petunjuk pelaksanaan kebijakan pembangunan jalan daerah.

Di Provinsi Maluku Utara sendiri ternyata ada dua ruas jalan yang masuk dalam Inpres untuk direalisasi dalam tahun 2023, yakni ruas jalan Saketa-Dahe-Podo, Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dan ruas jalan Sidangoli, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

Inpres tersebut merupakan keinginan presiden Joko Widodo agar pemerintah pusat dapat membantu percepatan perbaikan ruas jalan di sejumlah daerah yang rusak dan belum dapat dilanjutkan pekerjaannya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Malut, Saifuddin Djuba, pun membenarkan adanya dua ruas jalan di Malut yang dapat perhatian pemerintah pusat melalui Inpres untuk dibangun tahun 2023.

“Ruas jalan yang rencana dibangun itu sepanjang 1,200 kilo meter dan saat ini sudah direalisasi 52 persen, tentunya masih 48 perseni lagi yang harus dituntaskan,”katanya, selasa (17/5).

Untuk anggaran pekerjaan jalan sebagaimana Inspres tersebut lanjutnya, di tangani melalui dana penanganan jalan daerah melalui Inpres.(Ifa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here