Reaktif, Satu TKA PT IWIP Batal Mudik ke China 

0
591
ILUSTRASI: Para TKA asal China ketika berada di Bandara Sultan Babullah untuk diterbangkan menuju kampung halamannya pada tahun 2020 lalu

HARIANHALMAHERA.COM – Jika sebagian rekan-rekanya sudah bertolak menuju ke Kepulangan halaman mereka di di China. Tidak demikian dengan Min Xianglong. Kepulangan Tenaga Kerja Asing (TKA) PT IWIP asal Tiongkok ini ke kampung halamannya, terpaksa harus tertunda.

Ini menyusul pria berusia 30 tahun itu, terpaksa dijemput tim medis untuk menjalani karantina di Grand Sahid Hotel Ternate. Langkah ini diambil setelah dia dinyatakan reaktif ketika dilakukan reaktif rapid

Juru bicara  (jubir) Gugus Tugas (gustu) Malut dr. Alwia Assagaf menuturkan, dari 10 TKA yang melakukan rapid test , ditemukan 1 orang yang reaktif.

Dia menegaskan, sedianya pihak gugus sudah menyampaikan langsung ke PT IWIP agar tidak memulangkan TKA secara beruntun. Namun, permintaan itu diabaikan. Buktinya, pemulangan TKA oleh PT IWIP terus berlangsung dalam tiga hari berturut-turut. “Ini butuh waktu” ucapnya.

Yang menjadi kendala gugus saat ini adalah komunikasi dengan sang TKA. “Kami minta  penerjemahan bahasa ikut kalu ngga kita sama dia tidak bisa ngomong mungkin ada yang bisa bahasa mandarin nanti kita pakai,” tukasnya.(lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here