Sultan ZAS Masuk Daftar Calon Pahlawan Nasional

Tinggal Tunggu Penetapan Presiden di Hari Pahlawan

0
280
Muhammad Hi. Ismal (Foto : legalpost)

HARIANHALMAHERA.COM–Setelah Nuku dan Babullah, satu lagi nama sultan di Maluku Utara (Malut) yang berpeluang besar dianugeri gelar Pahlawan Nasional. Dia adalah Zainal Abidin Syah (ZAS)

Pengusulan Sultan dari Tidore Kepulauan (Tikep) itu datang Pemkot Tikep Februari lalu. Bahkan, saat ini SAZ sudah ditetapkan sebagai Calon Pahlawan Nasional (CPN) oleh Kemensos.

Untuk menindkalanjuti itu, Kamis (26/8) hingga Jumat (27/8) pekanĀ  lalu lalu, Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) yang dipimpin Brigjen TNI Tri Wahyu Mutakin, bersama rombongan dari Kemensos pun turun ke Tikep.

Kunjungan ini untuk melakukan verikasi dokumen sejarah CPN sultan ZAS. Kepala Dinas Sosial Malut Muhammad Hi. Ismal, selain melakukan verifikasi dokumen, kedatangan RP2GP ini juga meninjau makam sultan Zainal, rumah, mendatangi keluarga sultan dan meninjau kantor Gubernur Papua yang saat ini ditempati oleh SMA Negeri 1 Tikep.

“Menurut ketua TP2GP pusat, dokumen almarhum pak Zainal Abidin Syah tidak sulit dicari, karena sejarahnya melekat di deretan sejarah para pahlawan, sehingga dokumenya tinggal dicocokan saja,” katanya.

Memang ada beberapa dokumen yang perlu dilengkapi, sehingga tim TP2GP Malut dideadline dua pekan untuk melengkapi dokumen tersebut dan menyerahkan ke Kemensos.

“Ada 7 provinsi yang mengusulkan pahlawan Nasional. Dari 7 usulan itu, nanti presiden yang menetapkan berapa yang nantinya jadi pahlawan nasional,” pungkasnya seraya menyebut penetapan dilakukan di hari Pahlawan Nasional 10 November. (lfa/pur).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here