Tim Bunga Malut Reformer K.R.N.S Lestari Resmi Terbentuk

0
63
Pose bersama Sekprov Malut dengan Tim Bunga Malut Reformer K.R.N.S Lestari

HARIANHALMAHERA.COM– Tim Efektif Eksternal Bunga Malut Reformer K.R.N.S Lestari, rabu (11/1) resmi terbentuk. Pembentukan yang berlangsung di Royal Resto, Ternate itu dirangkaikan dengan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar oleh Badan Penghubung Provinsi Maluku Utara dalam rangka pelatihan kepemimpinan administrator angkatan I BPSDM Provinsi Malut tahun 2022.

Sekprov Malut, Samsuddin A. Kadir sekaligus sebagai mentor dalam pelatihan kepemimpinan administrasi angkatan I, menyampiakan bahwa kehadiran kita disini bukan hanya sekedar mendukung seorang reformer, tetapi sesungguhnya kita sebagai bagian dari upaya untuk menata penyelengaraan pemerintah daerah.

Disisi tugas lanjutnya, tentu upaya meningkatkan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat.

“Kita perlu menunjukan kepada semua aparatur bahwa dalam melaksanakan pendidikan ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh,”katanya.

Sekprov Samsuddin menuturkan bahwa pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan kwalitas diri dari seorang calon pemimpin yang akan menjadi pemimpin yang lebih tinggi, sehingga diharapkan kepada seluruh apartaur bisa sedapat mungkin melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk menuju ke arah yang lebih baik.

“Aparatur adalah peraturan perundang-undabgan yang aktif, sedangkan pertauran perundang-undangan adalah aparatur yang diam.sehingga keduanya harus saling sinergi,”ujarnya.

Samsudin pun mengajak kepada semua yang hadir dalam kegaiatan tersebut untuk mendukung peserta PKN II, PKA, dan PKP, karena bagian dari upaya untuk meningkatkan kapasitas sebagai ASN dalam melaksanakan penyelenggaran pemerintahan yang baik dalam pelayanan kepada masyarakat.

Sementara Kepala Badan Penghubung Malut di Jakarta sebagai reformer K.R.N.S Lestari dalam penyampaiannya menjelaskan, bahwa “Bunga Malut”, adalah akronim dari “Badan penghubUNg GerbAng MALuku UTara” yang merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kinerja Badan Penghubung

“Kinerja yang dilakukan ialah memfasilitasi hubungan kelembagaan OPD Pemerintah provinsi Malut dengan Pemerintah Pusat,”terangnya.

Badan ini lanjutnya, akan menyusun SOP yang menjadi pedoman bagi OPD Pemprov Malut dalam melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Pemerintah Pusat melalui perantaraan Badan Penghubung.

“Dengan Demikian akan menguatkan peran dan fungsi Badan Penghubung sebagai Gerbang atau Duta Maluku Utara di Jakarta. Karena Badan Penghubung merupakan perangkat daerah Provinsi Maluku Utara,”ungkapnya.

Badan ini sambungnya, mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan, penyelenggaraan hubungan koordinasi Pemerintah antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat, masyarakat Malut dan pihak lain berdasarkan ketentuan yang berlaku,

“Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Maluku Utara bertugas sebagai fasilitator untuk menjalakan pelayanan serta memfasilitasi hubungan kerja Pemerintah Provinsi Maluku Utara dengan Pemerintah Pusat serta Pemerintah Provinsi lainnya,”jelasnya.

Sementara itu dalam kegiatan tersebut turut dihadiri, para Kepala OPD Provinsi Malut, para Sekertais Dinas, Sekertris Badan, Kepala Bagian, Kepala Bidang di lingkup Pemprov Malut.(lfa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here